Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Google Earth Tangkap Gambar Pangkalan Militer Rahasia

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 20 Februari 2019 13:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 20 207 2020448 google-earth-tangkap-gambar-pangkalan-militer-rahasia-YNvKb6XN9d.jpg Google Earth (Foto: Digital Trend)

JAKARTA- Google Earth tak sengaja mengekspos pangkalan militer paling rahasia Taiwan kepada publik. Ini didapat dari pembaruan Google Earth 3D Maps belum lama ini.

Dilansir dari laman Digital Trend, Rabu (20/2/2019) beberapa lokasi yang tertangkap kamera Google Earth diantaranya fasilitas yang menampung rudal patriot dan Biro Keamanan Nasional Negara tersebut.

Kabarnya, pembaruan ini awalnya dimaksudkan untuk menunjukkan lokasi publik di Taipei, New Taipei, Taoyuan, dan Taichun. Para pejabat di Taiwan telah membentuk satuan tugas untuk bekerja dengan Google untuk memburamkan peta baru tersebut. 

 Google Earth

Baca Juga: Xiaomi Mi 9 Edisi Transparan Dibekali RAM 12GB

Namun saat ini tata letak pangkalan yang terbuka dan jenis peluncur rudal seluler masih terlihat. Sementara paparan itu tampak sebagai kesalahan besar, para pejabat mengisyaratkan agar warga Taiwan tidak panic.

"Sebenarnya, bagian rahasia semuanya ada di dalam struktur yang akan sangat sulit untuk diekspos melalui peta 3D," kata Menteri Pertahanan Taiwan Yen Te-fa.

Sebelumnya pada 2016, Taiwan meminta Google menyensor pangkalan militer di Pulau Taiping di Laut Cina Selatan. Pemerintah Taiwan juga memiliki masalah dengan Apple Maps ketika mengekspos instalasi militer lain di Hsinchu.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini