Seberapa Dingin Suhu di Mars?

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 20 Februari 2019 16:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 20 56 2020618 seberapa-dingin-suhu-di-mars-bWz5XHQLe5.jpg Kondisi planet Mars (foto: CBC.ca)

JAKARTA - Jet Propulsion Laboratory NASA telah mengumumkan suhu tinggi dan rendah di Mars secara online. Tak hanya itu, laporan tersebut juga menawarkan kecepatan angin hingga tekanan atmosfer dari pendarat InSight.

Dilansir dari laman CBC, Rabu (20/2/2019), InSight mencatat suhu tinggi di Mars dapat mencapai -17 C dan rendah -95 C. NASA mengatakan InSight dirancang untuk mengumpulkan dan mengirim kembali laporan cuaca harian ini selama dua tahun ke depan, sehingga para ilmuwan dapat mempelajari perubahan musim.

"Mars memiliki fenomena atmosfer yang akrab yang masih sangat berbeda dari yang ada di Bumi. Ini memberi Anda perasaan seperti mengunjungi tempat asing," kata Don Banfield dari Conrell University.

Ilmuwan perlu mengetahui cuaca Mars lokal untuk menentukan apakah seismometer InSight mendaftarkan gempa Bumi nyata di Mars yang dikenal sebagai marsquake atau hanya angin atau perubahan tekanan.

 

Untuk informasi, InSight mendarat di dekat khatulistiwa Mars pada November. Penjelajah Curiosity NASA juga memberikan informasi cuaca terbaru, sementara berkeliaran di sekitar Mars sekitar 550 kilometer.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini