Twitter Imbau Pengguna Laporkan Temuan Konten Negatif

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 01 Maret 2019 16:04 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 01 207 2024487 twitter-imbau-pengguna-laporkan-temuan-konten-negatif-amdbHpqflh.jpg Ilustrasi Twitter (Foto: Unsplash)

JAKARTA - Sebagai platform media untuk publik, Twitter memungkinkan penggunanya untuk melihat isu dari berbagai sudut pandang. Namun sayangnya, kerap kali perbedaan sudut pandang tersebut menimbulkan komentar kontroversial atau bahkan menyinggung orang lain.

Dalam keterangan resmi yang diterima Okezone, Jumat (1/3/2019) Twitter pun mengimbau penggunanya untuk melaporkan jika ada cuitan pengguna lain yang berisi konten negatif atau menyalahi aturan.

Menurut Twitter, hal tersebut juga membantu menciptakan dan menjaga percakapan yang lebih sehat di Twitter untuk jangka panjang.

“Twitter dapat menindaklanjuti Tweet dari akun pribadi, Direct Message, atau dari beberapa akun. Beberapa hal umum yang dilaporkan di antaranya adalah spam, konten yang abusif atau berbahaya, peniruan identitas, pelanggaran hak cipta, atau pelanggaran merek dagang,” kata Twitter.

 Twitter

Baca Juga: Susul Samsung dan Huawei, Apple Serius Garap Ponsel Lipat

Setelah ada laporan, nantinya Twitter akan menggabungkan peninjauan manusia dan teknologi untuk membantu menerapkan peraturan. Tim Twitter memantau dan menanggapi laporan setiap saat, serta mampu menanggapi laporan dalam berbagai bahasa.

Tim Twitter telah melalui pelatihan mendalam tentang kebijakan-kebijakan Twitter dengan mempertimbangkan kondisi sosial dan politik, konteks lokal, serta budaya setempat saat ini.

Adapun cara melaporkan tweet yang berisi konten negatif:

1. Kunjungi Tweet yang ingin Anda laporkan.

2. Klik ikon pada sudut kanan atas Tweet.

3. Pilih Report Tweet.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini