Share

Grab Resmi Sandang Decacorn, Pertama di Asia Tenggara

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 01 Maret 2019 17:40 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 01 207 2024584 grab-klaim-sandang-decacorn-pertama-di-asia-tenggara-OYeVVTW5kX.jpeg Ilustrasi Grab (Foto: Okezone)

JAKARTA - Baru-baru ini startup tech Grab telah resmi menyandang Decacorn. Ini menjadikan Grab sebagai tech startup pertama di Asia Tenggara yang memiliki nilai valuasi di atas USD 100 Miliar

Bagi para pemilik startup, mencapai valuasi sehingga perusahaannya menyandang predikat ‘Unicorn’ bukanlah suatu hal yang mudah. Faktanya, hanya 2% dari jumlah startup yang ada saat ini bisa mendapatkan nilai kapital USD 1 Miliar. 

Sembilan tahun yang lalu, hanya ada 4 unicorn di dunia. Kini terhitung sekitar 226 perusahaan berpredikat unicorn dan mereka tersebar di negara Amerika Serikat, Tiongkok, India, Inggris, Korea Selatan, Singapura, dan Indonesia.

Jadi bagaimanakah para tech startup ini bisa mendapatkan pertumbuhan valuasi yang sangat tinggi? Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda ambil sebagai founder tech startup untuk mengikut kesuksesan para Unicorn di dunia.

 Grab

Baca Juga: Twitter Imbau Pengguna Laporkan Temuan Konten Negatif

Identifikasi masalah yang ingin diberikan solusi

Mengapa banyak pengguna rela membayar untuk produk dan jasa dari tech startup unicorn? Karena produk dan jasa yang ditawarkan memiliki cara yang jauh lebih baik dalam menyelesaikan masalah yang para pengguna alami.

Oleh karena itu agar pertumbuhan yang dialami oleh startup bisa pesat, maka setiap startup perlu terus menerus menganalisa target pasarnya, temukan masalah mendasar yang dialami oleh pengguna dan kemudian berikan solusi cepat terhadap masalah itu.

Bikin produk yang sesuai

Setiap hari tentunya para pendiri startup memiliki ide mengenai cara memberikan solusi baru terhadap suatu masalah. Dari pembaruan program software lama hingga ke yang spesifik seperti sistem pemesanan transportasi.

Tetapi jika Anda bertujuan untuk menjadikan tech startup Anda memiliki valuasi lebih dari USD 1 Miliar atau Rp 14,1 Triliun, maka memiliki ide cemerlang tidaklah cukup. Produk startup Anda harus “diinginkan” oleh segmen pasar yang besar dan dianggap "mengganggu." Bahwa tidak ada startup lain yang dapat melakukan apa yang Anda lakukan.

Dapatkan pemodal yang tepat

Kunci dari pertumbuhan yang pesat pada startup berada di tangan para penggunanya. Ketika startup memegang basis pengguna yang setia dan menjagokan merek Anda, maka itu sudah merupakan langkah yang baik untuk menarik para investor unggulan untuk menanamkan modalnya di startup Anda.

Namun startup harus konsisten dalam melacak metrik keuangan serta rencana bagaimana mereplikasikan hasil yang didapatkan dari basis pengguna setia tadi ke skala yang lebih besar.

Itulah 3 langkah dasar yang perlu diperhatikan jika memiliki angan menjadi tech startup unicorn atau bahkan ke level Decacorn (10x lipat investasi Unicorn), seperti yang telah diraih oleh Grab sebagai tech startup pertama di Asia Tenggara yang memiliki nilai valuasi di atas USD 100 Miliar. (ahl)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini