Tekan Kecanduan, PUBG Hadirkan Fitur Kontrol Orangtua

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Senin 04 Maret 2019 17:12 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 04 326 2025655 tekan-kecanduan-pubg-hadirkan-fitur-kontrol-orangtua-FDe3o7EQOS.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - Tencent telah memperkenalkan 'digital lock' di game PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG). Fitur ini bisa meminta orangtua untuk membuka game untuk pengguna yang berada di bawah usia 13 tahun.

Dilansir Moneycontrol, Senin (4/3/2019), fitur 'digital lock' di PUBG menurunkan kecanduan game dan menekan cyber bullying. Ini merupakan fitur kontrol orangtua, sehingga orangtua memiliki andil apakah mengizinkan anaknya bermain atau tidak, khususnya mereka yang berusia di bawah usia 13 tahun.

Fitur baru ini diperkenalkan pertama di versi China dari aplikasi dan juga di game 'Honour of Kings'. Fitur baru ini muncul setelah pemerintah China menindak meningkatnya kecanduan game di kalangan anak mudanya.

 

Pemerintah telah mengumumkan kontrol tertentu pada banyak game online dan memberlakukan aturan baru pada gamer di bawah kelompok umur untuk mengurangi waktu layar dan kecanduan.

Permainan ini juga telah menerima banyak kritik di India karena meningkatnya kasus kecanduan dan perilaku kekerasan di kalangan anak muda. Orangtua mengeluh tentang sifat adiktif permainan dan bahkan mencari permainan untuk dilarang di negara ini.

Beberapa organisasi pemerintah telah mengirim pemberitahuan ke sekolah-sekolah di negara bagian mereka untuk melarang permainan.

PUBG dalam pernyataannya telah berjanji bahwa mereka akan mengambil umpan balik dari orang tua, pendidik, dan organisasi pemerintah untuk menciptakan ekosistem yang aman yang akan meningkatkan pengalaman bermain game.

 

Baca juga: Venezia Bakal Jadi Peta Baru di Game PUBG?

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini