Corning Bantu Apple Bikin Layar Kaca Ponsel Lipat?

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 06 Maret 2019 14:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 06 57 2026571 corning-bantu-apple-bikin-layar-kaca-ponsel-lipat-WdRG8yQRL1.jpg (Foto: 9to5Mac)

JAKARTA - Corning perusahaan yang membuat Gorilla Glass berencana untuk memproduksi layar untuk mendukung ponsel lipat Apple. Menurut laporan Wired, perusahaan asal Amerika tersebut akan membuat layar kaca ultrathin setebal 0,1 milimeter yang dapat dilipat hingga radius 5 milimeter untuk iPhone.

Namun hal tersebut masih rumor pasalnya kedua perusahaan belum menyatakan secara resmi rencana tersebut. Menurut Ketua Corning Gorilla Glass, John Bayne, perusahaan telah memiliki satu produk kaca yang dapat ditekuk yang disebut Willow Glass. Namun, menurut dia itu tidak cocok untuk smartphone.

Willow Glass diproduksi dengan mencelupkan gelas ke dalam larutan garam cair, di mana ion kalium masuk dan mendorong keluar ion natrium yang lebih kecil, menciptakan lapisan tegangan tekan.

Dalam aplikasi tampilan terdapat transistor di atas kaca dan transistor tak cocok dengan garam natrium ataupun kalium.

 

Apple telah menginvestasikan USD200 juta di Corning pada 2017, tetapi itu tidak berarti bahwa Corning juga bekerja secara eksklusif dengan Apple. Sebagaimana dicatat, banyak pabrikan smartphone lainnya mengandalkan produk perusahaan juga.

Dilansir dari laman Ars Technica, Rabu (6/3/2019), ponsel lipat yang hadir belakangan ini memang telah bergantung pada polimer plastik yang mungkin tampak ringkih karena mudah tergores.

Bahkan, secara umum pembuat smartphone yang telah mengumumkan ponsel yang dapat dilipat belum mengizinkan tech reviewer atau jurnalis untuk menguji coba ponsel ini, yang merupakan praktik normal untuk pembukaan produk smartphone tradisional.

Itu mungkin terutama karena perangkat lunak belum ada di sana, tetapi bisa juga bahwa perusahaan mengantisipasi reaksi negatif terhadap layar plastik, yang belum menjadi standar dalam ponsel unggulan selama satu dekade.

Sementara itu jika menggunakan kaca akan bisa sangat tangguh. Kaca yang digunakan pada smartphone saat ini lebih tahan gores dan penyok daripada plastik.

Di sisi lain, plastik yang digunakan untuk Galaxy Fold dan perangkat serupa cenderung menjadi magnet untuk goresan dan cacat lainnya. Ini berisiko mengembangkan lipatan pada titik lengkung selama ribuan penggunaan, dan kemungkinan akan merusak keindahan estetika dari ponsel.

 

Baca juga: Smartphone dengan Fitur Kamera Pop-up Ringkih, Benarkah?

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini