Olga Ladyzhenskaya, Matematikawan Rusia yang Tampil di Google Doodle

Agregasi Solopos, Jurnalis · Kamis 07 Maret 2019 17:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 07 207 2027086 olga-ladyzhenskaya-matematikawan-rusia-yang-tampil-di-google-doodle-NeqLJASNwD.jpg Google Doodle (Foto: Google)

SOLO – Google selalu mengingatkan tentang hari penting yang tercatat dalam sejarah lewat doodle. Hari ini, Google doodle menampilkan karikatur wanita lengkap dengan simbol rumus matematika. Bukan tanpa alasan, Google memang sedang mengingatkan hari lahir mendiang ahli matematika Rusia, Olga Ladyzhenskaya.

Dikutip dari ensiklopedia daring, Wikipedia, wanita kelahiran Kologriv, Rusia, 7 Maret 1992 itu meninggal di Saint Petersburg, 12 Januari 2004. Olga Ladyzhenskaya dikenal lewat karyanya, persamaan diferensial. Dia adalah anak dari seorang guru matematika.

Dilansir dari laman Newscom.au Kamis (7/3/2019),kehidupan Olga Ladyzhenskaya yang awalnya bahagia berubah saat berusia 15 tahun seusai ayahnya dipenjara. Ayahnya dieksekusi otoritas Uni Soviet karena dituding sebagai musuh negara. Sejak saat itu, Olga bersama saudaranya membantu ibunya menjual sepatu, pakaian, serta sabun untuk bertahan hidup.

Google

Baca Juga: Redmi Note 7 Segera Hadir di Indonesia

Olga Ladyzhenskaya tercatat sebagai siswa yang cerdas. Namun, dia ditolak masuk Universitas Leningrad, Rusia, karena ayahnya dituding sebagai musuh negara. Dia akhirnya menjajal peruntungan menjadi guru matematika untuk siswa sekolah menengah.

Setelah bertahun-tahun melakoni pekerjaan itu, Olga Ladyzhenskaya akhirnya mendapat kesempatan kuliah di Universitas Negeri Moskow. Dia belajar langsung dari matematikawan kenamaan, Ivan Petrovsky. Dia meraih gelar PhD dari kampus tersebut sehingga terpilih sebagai Kepala Laboratorium Matematika di Institut Matematika Steklov, Rusia.

Sepanjang hidupnya, Olga Ladyzhenskaya telah menulis lebih dari 250 makalah. Karyanya yang paling fenomenal adalah persamaan diferensial yang menunjukkan bagaimana sejumlah variabel berhubungan dalam ruang dan waktu. Persamaan diferensial juga memungkinkan untuk memprediksi pergerakan awan badai. Kontribusi yang luar biasa di dunia matematika membuatnya meraih medali emas Lomonosov dari Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia pada 2002.

(ahl)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini