NASA Tangkap Gambar Tanah Misterius di Mars

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 08 Maret 2019 12:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 08 56 2027333 nasa-tangkap-gambar-tanah-misterius-di-mars-MAWWyP0mMS.jpg Permukaan Mars Mirip Medan Otak (Foto: Slashgear)

JAKARTA- Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika (NASA) baru-baru ini telah berbagi gambar di Mars yang tidak biasa. Alih-alih menampilkan planet dengan landscape warna oranye, Mars menampilkan permukaan tanah yang dijuluki brain terrain atau medan otak.

Dilansir dari laman Slashgear, Jumat (8/3/2019) para ilmuwan member julukan demikian karena teksturnya yang menyerupai warna dan lipatan otak. Bahkan, NASA juga telah membagikan gambar resolusi tinggi yang menampilkan dengan jelas permukaan Mars tersebut.

Untuk diketahui, gambar terbaru itu berhasil ditangkap oleh High Resolution Imaging Science Experiment (HiRISE) yang merupakan kamera di pesawat Mars Reconnaissance Orbiter (MRO). Untuk informasi, MRO beroperasi sebagai bagian dari misi MRO NASA.

Mars

Baca Juga: Kini Bisa Main Game PlayStation 4 di iPhone

Para peneliti pun mengungkapkan penyebab penampilan tak biasa tersebut. Menurut mereka, ini karena adanya air es yang terletak di bawah permukaan. Berdasarkan hipotesis saat ini ilmuwan menduga es yang terkubur ini terbentuk saat sublimasi atau ketika es berubah dari es padat menjadi gas.

Meskipun pesawat ruang angkasa MRO belum menangkap perubahan signifikan pada medan otak ini. NASA mengatakan kemungkinan formasi ini adalah proses aktif. Ini bukan pertama kalinya penampakan tidak biasa dari Mars berhasil ditangkap NASA. Pada Juli 2018, MRO juga berhasil menangkap gambar mirip laba-laba.

Baca Juga: NASA Rilis Foto Misterius, Benarkah Ada Kehidupan di Mars?

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini