Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

NASA Ungkap SLS, Sistem Peluncuran Generasi Baru

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Senin 11 Maret 2019 11:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 11 56 2028308 nasa-ungkap-sls-sistem-peluncuran-generasi-baru-mcBqioOTWr.jpg (Foto: NASA)

JAKARTA - NASA bekerja pada sistem peluncuran generasi baru yang dinamakan Space Launch System atau SLS. Sistem peluncuran ini diharapkan bisa mendukung misi luar angkasa masa depan, seperti mengirimkan astronot ke Bulan atau yang lebih jauh.

Dilansir Digitaltrends, Senin (11/3/2019), Desain dan manufaktur untuk SLS sudah berlangsung tahun lalu, dan sekarang NASA telah mengumumkan kemajuan mereka menuju misi pertama untuk sistem baru, Exploration Mission-1 (EM-1) pada 2020.

Bagian pertama dari sistem baru adalah kapsul awak yang disebut Orion. Para insinyur saat ini sedang mengerjakan susunan kru dan modul layanan bersama serta memeriksa apakah mereka beroperasi secara harmonis.

Setelah tes selesai, modul yang ditumpuk akan dibawa ke Stasiun Plum Brook NASA di Ohio, di mana mereka akan diuji dalam ruang hampa termal dan terhadap interferensi elektromagnetik. Kemudian modul akan kembali ke Kennedy Space Center untuk pengujian akhir sebelum terintegrasi dengan SLS.

Bagian kedua dari sistem adalah roket SLS. Produksi tahap inti penerbangan pertama hampir selesai, dan begitu selesai, SLS akan menjadi roket yang diklaim paling kuat di dunia.

Bagian lain dari tahap inti yang sedang dikerjakan adalah bagian mesin, yang berada di bagian bawah tahap inti dan memasukkan propelan ke dalam empat mesin RS-25 yang kuat. Setelah bagian ini selesai akan dihubungkan ke tangki propelan hidrogen cair sepanjang 130 kaki, kemudian juga ke bagian depan yang mencakup tangki oksigen cair.

Semua persiapan dibangun menuju penerbangan uji coba tak berawak EM-1 pada 2020, diikuti oleh misi untuk mengirim awak di sekitar Bulan dan kembali ke Bumi dalam misi kedua yang disebut Misi Eksplorasi-2 (EM-2) pada 2023.

Baca juga: Sukses Kunjungi Luar Angkasa, SpaceX Crew Dragon Kembali ke Bumi

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini