Manfaatkan Teknologi, Polri Sosialisasikan Aplikasi PolisiKu dan Panggilan Darurat 110

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa 12 Maret 2019 17:22 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 12 207 2028989 manfaatkan-teknologi-polri-sosialisasikan-aplikasi-polisiku-dan-panggilan-darurat-110-7BaCx8aQiH.jpg Aplikasi PolisiKu (Foto: Play.google)

JAKARTA - Masyarakat telah berada di era digital saat ini, sehingga pemanfaatan aplikasi sudah menjadi hal yang lumrah seiring dengan pertumbuhan perangkat ponsel. Dengan aplikasi, masyarakat bisa mendapatkan berbagai informasi maupun hiburan.

Polri turut memanfaatkan tren teknologi informasi dengan menyosialisasikan aplikasi PolisiKu. Menurut Kasubag Opinev Bakpenum Biro Penmas Div Humas Polri AKBP Pandra Arsyad, menjawab tantangan revolusi industri 4.0, pihaknya memperkenalkan aplikasi PolisiKu.

"Jadi di dalam aplikasi PolisiKu itu bisa menerima laporan atau kita ingin mengetahui, memerlukan bantuan di wilayah di mana kita berada. Sebagai contoh, di dalam aplikasi tersebut kita dapat mengakses melalui GPS yang ada, yang di daerah kita, sehingga kita bisa memberikan laporan atau memerlukan bantuan Polri untuk secepatnya mendapat informasi itu," jelas AKBP Pandra Arsyad kepada Okezone, Selasa (12/3/2019).

Alasan diciptakannya aplikasi tersebut ialah memudahkan masyarakat untuk bisa mengirimkan laporan ke kantor polisi terdekat. Sebab, setiap warga belum tentu hafal nomor telefon kantor polisi terdekat.

 

"Kita juga telah berintegrasi dengan pemadam kebakaran termasuk dengan ambulans. Kita juga bisa membantu keluarga kita atau keluarga kerabat kita, yang berada di luar daerah. Misalnya keluarga kita yang berada di luar pulau Jawa, misalnya di Sulawesi, itu sudah terdata," tuturnya.

Ia mengatakan, aplikasi PolisiKu memiliki operator di Mabes Polri, dan akan didukung oleh 34 Polda yang ada.

"Jadi mereka yang menerima laporan, kalau tidak tertampung didistribusikan ke Mabes Polri dan Mabes Polri akan memberikan atensi tertentu. Yang jelas secepat mungkin informasi itu diterima, dan secepat itu juga polisi berada di masyarakat yang memerlukan bantuan," katanya.

AKBP Pandra Arsyad juga mengatakan bahwa Polri memiliki saluran panggilan darurat yang disebut Call Center Polri, yaitu 110. Ini sebagai alternatif selain penggunaan aplikasi PolisiKu yang bisa diakses melalui platform iOS dan Android.

Khusus panggilan darurat ini, masyarakat tidak akan dikenakan biaya panggilan. Ke depan, Polri akan menyiapkan upgrade untuk aplikasi sehingga memiliki layanan yang lebih luas.

"Seiring dengan kemajuan zaman tentunya kita selalu meng-upgade dari kecepatan, nantinya kita dapat nomor khusus, bukan hanya panggilan darurat, kita dapat mengecek kendaraan bermotor yang ada di Jakarta minimal kita tahu bahwa kapan berlakunya, keabsahan masa berlakunya, kita akan selalu berinovasi ke depannya," terangnya.

 

Baca juga: Realme 3 Resmi Diluncurkan di Indonesia, Harga Mulai Rp1,9 Jutaan

(ahl)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini