Fenomena Badai Matahari Pengaruhi Sinyal Ponsel di Indonesia?

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 15 Maret 2019 11:44 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 15 56 2030313 fenomena-badai-matahari-pengaruhi-sinyal-ponsel-di-indonesia-M8R9Gi5loy.jpg Ilustrasi Solar Storm (Foto: Hello Giggles)

JAKARTA – Solar storm atau badai matahari dikabarkan akan menyapu Bumi pada Jumat, (15/3/2019). Ketika zaman pra-industri dan pra-teknologi, peristiwa tersebut memiliki dampak yang kecil.

Namun, dengan berkembangnya zaman bila badai tersebut melanda Bumi, ini bisa menyebabkan pemadaman listrik dan melumpuhkan komunikasi.

Menaggapi hal tersebut Pengamat Telekomunikasi dan ICT, Heru Sutadi mengungkapkan jika kejadian tersebut tak akan memberikan dampak besar, khususnya sinyal ponsel di Indonesia. Hal ini diakuinya menurut pantauan dalam beberapa tahun terakhir.

“Dalam beberapa tahun belakangan yang saya pantau, badai matahari belum menyebabkan dampak yang berarti, di mana komunikasi masih dapat berlangsung secara wajar,” kata dia kepada Okezone, Jumat (15/3/2019).

 Solar Storm

Baca Juga: Fenomena Badai Matahari Menerpa Bumi, Apa Dampaknya?

Meskipun demikian, dia juga menekankan jika fenomena tersebut bisa berdampak pada komunikasi yang menggunakan satelit.

“Matahari kan jauh jaraknya dari Bumi. Tapi gelombangnya bisa bergerak. Sehingga yang mungkin potensi berdampak ya satelit. Kalau satelit bisa untuk komunikasi dan juga televisi,” kata Heru.

Heru juga mengungkapkan jika beberapa satelit di Indonesia yang kemungkinan terkena dampak adalah satelit Telkom, satelit BRI maupun Pasifik Satelit Nusantara (PSN).

“Tapi dari badai matahari terakhir yang terjadi, saya pantau tidak berdampak tampaknya. Akan tetapi memang harus tetap waspada,” kata dia.

(ahl)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini