Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Benarkah Aksi Teror Penembakan Gara-Gara Game PUBG?

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Minggu 17 Maret 2019 16:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 17 326 2031189 benarkah-aksi-teror-penembakan-gara-gara-game-pubg-I3Sh2nFbkX.jpg Syed Saddiq, Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia (Foto: Thestar)

JAKARTA - Game online kekerasan seperti PlayerUnknown’s Battleground (PUBG) seharusnya tidak disalahkan untuk perilaku ekstrem atau aksi teror penembakan. Hal ini dikatakan oleh Syed Saddiq Syed Abdul Rahman, Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia.

Dia mengatakan, ekstrimis akan melakukan tindakan kekerasan dengan atau tanpa paparan game online. "Percayalah padaku, apakah ada game online seperti itu, orang-orang dengan keyakinan ekstremis masih akan melakukan tindakan kekerasan," tambahnya, seperti dikutip dari Nst, Minggu (17/3/2019).

Ia ditanya apakah pemerintah akan melarang game online dengan unsur-unsur kekerasan seperti PUBG setelah aksi teror di dua masjid di Christchurch, Selandia Baru pada Jumat lalu yang menyebabkan puluhan orang tewas.

Syed Saddiq mengatakan game online tidak ada hubungannya dengan kekerasan yang terjadi di Selandia Baru. "Ini (insiden) lebih besar dari itu. Kami harus memberikan penghormatan kepada mereka yang telah kehilangan nyawa tetapi jangan terlalu cepat menyalahkan permainan online," ujarnya.

 

Lebih lanjut ia mempertanyakan apakah dengan kejadian tersebut berarti harus dilarang semua game dengan elemen tembak-menembak. "Saya pikir penembakan di Christchurch lebih besar dari itu," tambahnya.

"Bahkan sebelum PUBG, tindakan semacam ini terjadi," katanya. Syed Saddiq juga mengatakan tindakan teror semacam itu harus dikutuk oleh dunia.

Dikatakan bahwa penembakan di Christchurch yang disiarkan langsung oleh teroris menyerupai permainan PUBG.

Beberapa kota di India telah bergerak untuk melarang permainan setelah muncul kekhawatiran tentang kemampuannya untuk mempengaruhi orang untuk bertindak dengan kekerasan.

 

Baca juga: Ini Tanda-Tanda Kiamat dalam Penjelasan Alquran dan Sains

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini