Apple Heart Study Ungkap Manfaat Penggunaan Wearable

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Senin 18 Maret 2019 06:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 17 57 2031083 apple-heart-study-ungkap-manfaat-penggunaan-wearable-30ZWEzMjxt.jpg (Foto: Neowin)

JAKARTA - Peneliti dari Stanford Medicine mengunggah temuan dari Apple Heart Study yang melibatkan 400 ribu peserta. Peneliti menemukan bahwa teknologi wearable seperti Apple Watch bisa mengidentifikasi seseorang yang memiliki irama jantung yang tidak teratur yang memberi mereka waktu untuk mencari bantuan medis.

"Kami bangga bekerja sama dengan Stanford Medicine karena mereka melakukan penelitian penting ini dan berharap dapat belajar lebih banyak tentang dampak Apple Watch bersama komunitas medis. Kami berharap konsumen akan terus mendapatkan informasi yang bermanfaat dan dapat ditindaklanjuti tentang kesehatan jantung mereka melalui Apple Watch," kata Jeff Williams, COO Apple seperti dikutip Neowin, Minggu (17/3/2019).

Stanford Medicine mengatakan bahwa 0,5% (sekira 2.000 peserta) dari semua yang terlibat dalam penelitian ini menerima pemberitahuan bahwa mereka memiliki irama jantung yang tidak teratur.

Para peneliti menemukan bahwa 84% dari mereka yang mendapat notifikasi ditemukan dalam fibrilasi atrium pada saat notifikasi. Sebagai hasil dari pendeteksian, 57% dari mereka yang diberi tahu memutuskan untuk menindaklanjuti dengan perawatan medis untuk mendapatkan masalah lebih lanjut.

Walaupun penelitian ini memiliki jumlah peserta yang sangat besar, perlu dicatat bahwa Apple Heart Study didanai oleh Apple. Penelitian lebih lanjut tentang apakah wearables efektif untuk mendeteksi atrial fibrilasi diperlukan.

 

Baca juga: Android Q Dinilai Lebih Aman dan Hormati Privasi Pengguna

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini