Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hacker Curi 26 Juta Akun Baru, Sebut Bukalapak dan Youthmanual

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Senin 18 Maret 2019 11:21 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 18 207 2031468 hacker-curi-26-juta-akun-baru-sebut-bukalapak-dan-youthmanual-49FJkXaLWC.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - Hacker atau peretas beraksi untuk membobol sejumlah akun pengguna. Disebutkan dalam aksi terbaru, peretas mencuri sekira 26 juta akun pengguna dari beberapa website.

Dilansir Thehackernews, Senin (18/3/2019), hacker Pakistani, yang dikenal di dunia maya dengan nama Gnosticplayers mengatakan kepada The Hacker News dalam sebuah email. Disebutkan ada beberapa situs yang diretas seperti Youthmanual, GameSalad, Bukalapak, Lifebear, EstanteVirtual dan Coubic.

Dari 6 situs tersebut, kabarnya akun pengguna dijual ke website gelap (dark web). Khusus Youthmanual, situs ini terkait dengan perguruan tinggi dan platform karir Indonesia yang kabarnya menjadi korban atas ulah hacker yang membobol 1,12 juta akun. Sementara Bukalapak, situs belanja online dengan 13 juta akun.

Peretas ini menjual masing-masing basis data peretasan yang terdaftar tersebut secara individual di Dream Market dengan total nilai 1,2431 Bitcoin atau sekira USD5.000.

Sekadar informasi, Gnosticplayers merupakan nama hacker yang sebelumnya mengklaim telah meretas puluhan situs web populer dari perusahaan. Gnosticplayers menyatakan bahwa putaran ketiga adalah yang terakhir, namun nyatanya mereka merilis putaran keempat.

Sebelumnya, hacker telah menjual detail dari 890 juta akun online yang dicuri dari 32 website populer. Ratusan juta akun online itu dicuri dari tiga putaran aksi hacker yang terpisah.

Disebutkan pula hacker bulan lalu membuat tiga putaran dari akun yang dicuri untuk dijual di website gelap populer, Dream Market. Konon ada 620 juta akun yang dicuri dari 16 website dalam putaran pertama, 127 juta yang terekam dari 8 situs untuk putaran kedua, dan 92 juta dari 8 website di putaran ketiga.

 

Baca juga: Android Q Miliki Efek Suara Baru saat Panggilan Telefon Berakhir

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini