Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Akui Ada Peretasan, Ini Imbauan Bos Bukalapak untuk Pengguna

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 18 Maret 2019 11:36 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 18 207 2031476 akui-ada-peretasan-ini-imbauan-bos-bukalapak-untuk-pengguna-byPXif1MRD.jpg Ilustrasi Hacker (Foto: BBC)

JAKARTA - Diberitakan sebelumnya Bukalapak menjadi salah satu situs yang terkena aksi hacker. Nama situs belanja online tersebut terdapat dalam daftar nama website yang menjadi korban dan akun pengguna dijual di pasar web gelap populer bernama Dream Market.

CEO Bukalapak, Achmad Zaky dalam keterangan resmi yang diterima Okezone, Senin (18/3/2019) mengungkapkan jika Bukalapak pun mengakui adanya upaya peretasan Bukalapak beberapa waktu lalu.

"Namun tidak ada data penting seperti user password, finansial atau informasi pribadi lainnya yang berhasil didapatkan," kata Zaky.

Dia juga mengakui jika pihaknya selalu meningkatkan sistem keamanan di Bukalapak. Hal ini, lanjut dia untuk memastikan keamanan dan kenyamanan para pengguna Bukalapak, dan memastikan data-data penting pengguna tidak disalahgunakan.

"Upaya peretasan seperti ini memang sangat berpotensi terjadi di industri digital. Kami selalu mengimbau para pengguna Bukalapak untuk lebih memperhatikan keamanan bertransaksi," jelas dia.

 Ilustrasi

Baca Juga: Hacker Curi 26 Juta Akun Baru, Sebut Bukalapak dan Youthmanual

Lebih lanjut, ia mengimbau agar pengguna mengganti password secara berkala serta aktifkan Two-Factor Authentication (TFA) yaitu fitur yang diperuntukan mencegah jika ada penggunaan atau penyalahgunaan data penting dari device yang tidak dikenali.

"Kami juga menyarankan menjaga kerahasiaan password Anda dan menggunakan security guide yang sudah disediakan Bukalapak di www.bukalapak.com/security_guide," pungkas dia.

Sebelumnya Hacker News melaporkan terdapat 6 situs web yang diretas dan akan dijual disitus Dream Market pada putaran keempat.

 Hacker

Baca Juga: April, Snapchat Umumkan Platform Gaming Baru

1. Youthmanual -  1,12 juta akun

2. GameSalad -1,5 juta akun

3. Bukalapak - 13 juta akun

4. Lifebear - 3.86 juta akun

5. EstanteVirtual - 5.45 juta akun

6. Coubic- 1.5 juta akun

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini