Isu Kesehatan soal Penggunaan Earphone Bluetooth, Ini Tanggapan Samsung

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 22 Maret 2019 11:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 22 57 2033460 isu-kesehatan-soal-penggunaan-earphone-bluetooth-ini-tanggapan-samsung-YKLnEapFma.jpg (Foto: Pernita Hestin Untari/Okezone)

TURKI - Beberapa belakangan ini teknologi smartphone semakin canggih. Begitu juga dengan aksesoris yang melengkapinya. Seperti yang terdapat pada earphone yang menggunakan koneksi bluetooth, sehingga tanpa menggunakan kabel. Sayangnya seiring dengan hadirnya teknologi tersebut, kekhawatiran akan kesehatan juga hadir.

Radiasi pada earphone bluetooth dikhawatirkan mampu merusak telinga. Salah satu vendor yang baru saja meluncurkan earphone bluetooth (Galaxy Ear Buds), Samsung pun menanggapi kekhawatiran tersebut.

Menurut Taufiq Furqon, Product Marketing Samsung Electronics Indonesia, ia meyakini jika perangkat terbarunya dilengkapi beberapa fitur yang aman. Meskipun demikian, untuk keamanan penggunaan, Taufiq menyebutkan jika selalu menyarankan untuk mengaktifkan mode ambient. Ini digunakan agar pengguna mampu menangkap suara luar.

"Soal keamanan kita surrounding untuk memakai ambient mode jadi ketika kita aktif kan itu suara di luar masih bisa kita dengarkan, kalau misal di kantor pasti takut dipanggil orang, jadi lebih aware lah sama lingkungan, atau dipakai sambil jalan masih bisa kedengaran suara lain," ungkap Taufiq saat ditemui dalam acara Media Experience Samsung Galaxy S10 di Turki.

 

Selain itu dia juga mengatakan jika perangkat terbarunya hadir dengan fitur sweatproof.

"Karena voltasenya kecil jadi memang aman, selain itu ini juga menghadirkan fitur sweatproof. Jadi, aman dipakai tetapi bukan waterproof karena hanya memang untuk kegiatan outdoor," kata Taufiq.

Di samping isu keamanan dan kesehatan yang beredar, Taufiq meyakini jika teknologi dari earphone bluetooth saat ini sudah sangat maju

"Cuma yang suka kabel juga masih banyak. Tapi, konsumer kita (Samsung) kan memang suka dengan teknologinya yang maju, jadi ini yang kita siapkan, saya juga ngikutin kurang percaya wireless awalnya," jelas dia.

Baca juga: Uji Ketahanan Bodi Redmi Note 7 Diinjak-injak

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini