Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menjajal Kamera Samsung Galaxy S10 Plus dengan 5 Fitur Utama

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Minggu 24 Maret 2019 11:59 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 24 92 2034229 menjajal-kamera-samsung-galaxy-s10-plus-dengan-5-fitur-utama-olpTd0l576.jpeg Tampilan Belakang Samsung Galaxy S10 (Foto: Pernita Hestin Untari/Okezone)

JAKARTA- Samsung Galaxy S10 telah diluncurkan secara global pada 20 Februari 2019 di San Fransisko. Ponsel ini dilengkapi dengan sejumlah peningkatan fitur dari pendahulunya Samsung Galaxy S9 yang diluncurkan pada 2018. Seperti layar Infinity Display O yang dilengkapi kamera punch hole dan Dynamic Amoled. Selain itu juga, kamera belakang ponsel ini dilengkapi dengan berbagai fitur baru yang disebut dengan Pro Grade Kamera.

Peningkatan kamera ini tampaknya dilakukan Samsung mengingat pihaknya menyasar segmen anak muda dan content creator. Lengkapnya Samsung menambahkan konfigurasi kamera di belakang ponsel dan meningkatkan kualitas video 4K dan HDR 10. 

Lalu apakah kamera Galaxy S10 benar-benar sebagus itu? Kali ini Okezone berkesempatan untuk mengoprek varian Samsung Galaxy S10 Plus selama empat hari di Turki dalam acara Media Experience pada 22 hingga 24 Maret 2019.  

Samsung S10

Baca Juga: Samsung Galaxy S10 5G Meluncur April, Berapa Harganya?

1. Super Steady

Saat ini banyak sekali aksesoris kamera untuk membantu meminimalisir goncangan video, seperti tripod dan gimbal. Menurut Samsung, fitur super steady bekerja seperti mereka. Dengan fitur ini, pengguna mampu menghasilkan video tanpa noise goncangan meskipun pengambilan video saat bergerak atau ada goncangan sekalipun.

Saat Okezone mencobanya, fitur ini cukup berhasil menghasilkan video yang mulus. Okezone mencobanya saat menaiki kereta gantung di Gunung Uludag, Bursa. Saat mengambil video, kondisi kereta bergerak dan terkadang tidak stabil, namun gambar video tak terlihat terlalu noise.

Meskipun demikian, jika tengah mengambil video diharapkan pengguna untuk menggenggam dengan kuat ponsel dengan dua tangan. Hal ini dilakukan agar pengguna mampu menghasilkan video yang lebih maksimal.

Cara mengaktifkannya buka video dan aktifkan tombol ikon yang ditengah mirip dengan gambar tangan dengan garis getar disampingnya.

2. Artistic Live Fokus 

Hasil Gambar S10

Baca Juga: Intip Cara Ubah Fitur Latar Belakang Gelap di YouTube

Live Focus merupakan salah satu fitur kamera Samsung yang menghadirkan bokeh untuk mendapatkan efek dramatis pada foto. Okezone pun berkesempatan untuk mencoba fitur ini untuk memotret keindahan bunga tulip di Taman Emergan, Istanbul. Gambar efek bokeh yang dihasilkan pun tampak natural dan tidak terlihat berlebihan. Menariknya tak hanya bokeh biasa, fitur ini juga mampu menghasilkan spin bokeh, zoom bokeh, dan color point.

Saat okeozone mencoba fitur zoom bokeh pun hasilnya tak kalah dengan kamera profesional. Mengingat teknik ini cukup susah jika diaplikasikan oleh kamera DSLR, maka fitur zoom bokeh cukup membantu menghasilkan efek dramatis.

Samsung

3. Scene Optimizer

 Samsung

Pro Grade kamera milik Samsung Galaxy S10 juga diklaim lebih pintar karena hadirnya Inteligent AI. Salah satunya penerapan AI pada fitur scene optimizer. Fitur ini dapat digunakan untuk mengambil gambar dengan cahaya yang minim dan menambah warna gambar lebih nyata. Caranya dengan membuka camera setting, aktifkan scene optimizer, dan pilih bright night scene.

Sayangnya meskipun telah mengaktifkan fitur ini, gambar yang dihasilkan cukup buram jika cahaya sangat minim. Seperti saat Okezone coba di Basilica Cistern di Istanbul. Untuk diketahui tempat ini merupakan ruang bawah tanah yang dulunya digunakan sebagai tempat penyimpana air Istana oleh Raa Byzantium.

Oleh karena itu tempat sangat gelap dan mimin pencahayaan. Namun, pengguna bisa memilih opsi lain yakni menggunakan mode pro pada kamera dengan mengatur ISO dan shutter speed (s). Jika cahaya lampu lumayan terang fitur bekerja dengan baik, seperti saat Okezone mencoba memotret ornamen di Hagia Sophia. 

Selain itu Scene Optimizer juga mampu digunakan untuk menjadikan teks kertas menjadi tulisan digital dan menambahkan efek cahaya matahari. Tak hanya itu, karena dilengkapi AI kamera juga mampu mendeteksi apapun yang tertangkap seperti wajah manusia, sepatu, dan hewan.

 Baca Juga: Intip Cara Ubah Fitur Latar Belakang Gelap di YouTube

4. Ultra Wide Angle

Samsung

Dilengkapi tiga kamera ponsel juga mampu menghadirkan efek ultra wide angle hingga 123 derajat. Saat Okezone mencobanya, fitur pun menghasilkan gambar yang bagus dan mampu menangkap objek lebih lebar. Untuk mengaktifkannya, hanya klik photo dan klik gambar dengan tiga pohon. Meskipun demikian, fitur ini bisa dibilang bukan merupakan fitur unggulan.

Pasalnya beberapa, smartphone sekarang ini juga telah menghadirkan fitur serupa. Sementara itu untuk kamera utama dan telepotonya pun tidak ada masalah apapun dan berjalan normal. Lebih lanjut ada salah satu hal menarik yang Okezone tangkap saat mengunjugi Gunung Uludag di Bursa, Turki. Saat mengoperasikan Ultra Wide Angle, kamera mampu menangkap luas pemandangan. Selain itu dengan bantuan cahaya matahari yang bagus dan langit yang terang hasil gambar menjadi dramatis. Serta gradasi warna biru langit pun terlihat tajam.

Samsung

5. Smart Composition 

 Samsung

Ini merupakan salah fitur yang membantu pengguna untuk mengoptimalkan pengambilan objek. Mungkin komposisi gambar biasanya bukan sesuatu yang penting. Namun dengan smart composition ini, setidaknya pengambilan gambar lebih proposional. Ini merupakan pningkatan dari rule of third. Untuk mengaktifkannya, masuk ke camer setting dan pilih shot sugestion. Nantinya saat pengguna akan mengambil gambar terdapat bulatan penuh berwarna putih yang harus digeser ke lingkaran putih sebagai view finder.

Menurut Okezone, fitur ini mampu membantu untuk mengambil objek manusia atau lainnya untuk mengoptimalkan posisi objek tersebut

Untuk informasi, kekuatan belakang ponsel Samsung Galaxy S10 Plus yakni telepoto 12MP, wide angle 12MP, dan super Wide Angle 16 MP.

Baca Juga: Seberapa Cepat Kecepatan Internet di Turki?

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini