Mau Jajal Naik MRT, Yuk Cobain Aplikasi dan Menunya

Amril Amarullah, Jurnalis · Senin 25 Maret 2019 12:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 25 207 2034552 mau-jajal-naik-mrt-yuk-cobain-aplikasi-dan-menunya-SfYYXFpmzD.jpg Aplikasi MRT Jakarta (foto; Antaranews)

JAKARTA – Pasca-Presiden Joko Widodo meresmikan transportasi Moda Raya Terpadu atau MRT, Minggu (24/3/2019), warga Jakarta mulai merasakan perbedaan dari transportasi baru ini. Euforia transportasi baru itu, seperti dkutip dari Antaranews, sudah terasa sejak beberapa pekan terakhir setelah PT MRT Jakarta menggelar uji coba secara gratis.

Tahap awal MRT jurusan Lebak Bulus hingga Bundaran HI, mendapat antusiasme warga ketika mencoba merasakan kehebatan moda baru ini. (Baca Juga: Anies Berangkat Kerja Naik MRT, Begini Keseriuannya)

Transportasi massal seperti MRT itu boleh jadi menjadi moda baru bagi warga Ibukota. Mekanismenya pun sedikit berbeda dengan angkutan umum yang sudah ada, misalnya kereta Commuter Line.

 Aplikasi MRT

PT MRT Jakarta menyediakan aplikasi untuk ponsel Android bernama "MRT-J" sebagai pemandu para pengguna MRT menentukan perjalanan mereka dengan transportasi itu.

Saat mencari "MRT Jakarta" di Google Play Store, pengguna akan menemukan banyak aplikasi tentang peta MRT di Jakarta. Pastikan mengunduh aplikasi resmi MRT-J. Caranya, ketuk kolom "read more" dan pastikan nama PT. MRT Jakarta tertera pada informasi pembuat aplikasi.

Setelah mengunduh aplikasi MRT-J, pengguna akan dipilih untuk mengakses sebagai tamu atau log in, pilihannya menyambungkan aplikasi ini dengan akun Google, Facebook dan Twitter.

(Baca Juga: Tarif MRT Diumumkan Hari Ini, Berapa Ongkosnya

Tampilan utama aplikasi MRT-J berisi tentang informasi terkini tentang transportasi tersebut. Jika digulirkan ke bawah, penggun akan melihat fitur-fitur antara lain Cara Menggunakan MRT.

Fitur Cara Menggunakan MRT berisi video dan infografis tentang bagaimana menggunakan transportasi itu, mulai dari membeli tiket hingga tata tertib mengantre saat keluar dan masuk kereta bernama "Ratangga" itu.

Fitur utama dari aplikasi itu tentu merencanakan perjalanan penggunanya dengan MRT dan peta rute mulai dari Lebak Bulus hingga Bundaran HI.

Pada laman utama aplikasi MRT-J, klik ikon "Mulai". Pengguna akan diarahkan ke laman berikutnya berisi rute MRT. Isi stasiun awal dan akhir, pengguna akan bisa melihat berapa lama waktu tempuh yang dibutuhkan.

 MRT Jakarta

Antara mencoba mengisi stasiun awal "Bundaran HI" ke stasiun tujuan "Istora Mandiri", terlihat perjalanan ini memerlukan waktu 8 menit 30 detik dan akan melewati empat stasiun. Pengguna juga bisa melihat transportasi umum lainnya yang berada di stasiun tujuan, antara lain bus TransJakarta.

Jika ingin melihat informasi mengenai stasiun tujuan, pengguna bisa mengetuk ikon menu di pojok kiri atas dan pilih fitur "Informasi". Informasi yang diberikan antara lain fasilitas yang tersedia dan gerai penjual yang ada di stasiun tersebut.

 (Baca Juga: Pasca Diresmikan, Kondisi MRT Masih Lowong)

Aplikasi MRT-J juga memiliki fitur saldo. Tapi, fitur iitu belum bisa diakses, begitu juga dengan tiket isi ulang. Aplikasi MRT-J tersedia untuk pengguna Android dan kapasitas yang dibutuhkan untuk mengunduh aplikasi sebesar 56MB.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini