Samsung Forum 2019 Pamerkan Kulkas dengan Teknologi Pengenal Suara

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Senin 25 Maret 2019 16:19 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 25 207 2034689 samsung-forum-2019-pamerkan-kulkas-dengan-teknologi-pengenal-suara-XEQhtadeCP.jpeg Samsung Forum 2019 (Foto: Ahmad Lutfi/Okezone)

SINGAPURA - Perangkat kulkas kini tidak sekedar alat pendingin untuk menyimpan makanan atau minuman. Kecanggihan teknologi mampu memberikan nilai tambah bagi kulkas, sehingga menawarkan berbagai kemudahan bagi pemiliknya.

Salah satu perusahaan yang fokus pada pengembangan home appliances ialah Samsung. Raksasa teknologi asal Korea Selatan itu mengumumkan kulkas Family Hub di event Samsung Forum 2019.

Sebagai pemenang penghargaan CES Innovation 2019 untuk kategori produk software dan aplikasi mobile, kulkas Family Hub baru terus meningkatkan standar untuk hidup terkoneksi.

Dilengkapi dengan peningkatan kemampuan AI dan IoT serta Family Board yang baru, sebuah layar komunal yang memungkinkan anggota keluarga saling berinteraksi dengan cara yang dipersonalisasi.

Michael Adisuhanto, Senior Product Marketing Manager Digital Appliances, Samsung Electronics Indonesia menjelaskan bahwa Family Hub di tahun ini mengusung teknologi lebih canggih, yakni AI.

"Salah satu perbedaan dia ada AI, dia bisa cocokin dengan consumer behavior dari si user," kata Michael di Samsung Forum 2019, Senin (25/3/2019).

Ia mengatakan, semua barang Samsung, home appliances maupun TV saling komunikasi. "Family Hub itu control panel, karena paling banyak digunakan. Karena interaksi kulkas lebih sering," tuturnya.

 Family Hub bisa membantu pekerjaan, misalnya mengetahui progres pekerjaan mesin cuci. Sehingga, pengguna bisa mem-pause, atau delay, bisa dikontrol dari Family Hub sesuai kebutuhan.

Selain itu, ada fungsi keamanan, di mana perangkat yang dilengkapi sensor dapat mengenali apabila ada laci atau jendela yang terbuka. Ada alarm yang muncul, bisa diketahui melalui Family Hub tersebut.

Samsung Forum 2019

Baca Juga: Samsung Perkenalkan TV QLED 8K dengan Teknologi AI

Sebuah fitur yang membedakan Family Hub 2019 dari generasi sebelumnya adalah dukungan Bixby baru yang memungkinkan cara penggunaan Family Hub yang lebih pintar, hands-free, dan lebih personal. Bixby terbaru menawarkan lebih banyak layanan yang memungkinkan pengguna untuk mengendalikan dan memantau perangkat dan layanan IoT rumah dari dapur, cukup dengan perintah suara.

Pengguna dapat meminta Bixby menyampaikan Morning Brief sembari menyiapkan sarapan untuk anak-anak, sehingga mereka mengetahui semua hal penting setiap hari, seperti cuaca dan berita utama. Semua ini muncul di layar Family Hub sehingga mereka dapat melihat dan juga mendengarnya.

Melalui teknologi pengenalan suara Bixby, suara setiap anggota keluarga dapat dibedakan sehingga setiap orang memperoleh informasi yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Bixby bahkan lebih cerdas dan lebih nyaman untuk percakapan, memungkinkan pengguna untuk berinteraksi secara lebih natural.

Salah satu fitur baru yang menarik adalah Family Board. Banyak keluarga di seluruh dunia menggunakan pintu kulkas mereka sebagai papan pengumuman untuk berbagi satu sama lain, baik dengan membagikan jadwal setiap anggota keluarga dan menu mingguan, menempelkan magnet perjalanan dari negara-negara yang telah dikunjungi, atau dengan bangga memajang karya seni anak-anak untuk dilihat semua orang.

Selain itu, pengalaman di dapur menjadi lebih pintar dan efisien dengan fitur-fitur terbaru Food Management. Dengan Family Hub 2019 yang baru, pengguna dapat mencari resep sehat atau mengatur oven langsung dari aplikasi Recipes dengan fitur suara yang mudah digunakan. Pengguna juga dapat menambahkan barang ke Shopping List atau menandai barang dengan pengingat serta tanggal kedaluwarsanya.

Samsung Forum 2019

Baca Juga: Bangun 18.000 BTS, Indosat Menuju Optimalisasi Jaringan 4G Plus

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini