Pemandangan Bima Sakti Usai Musim Dingin Tertangkap Kamera

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 26 Maret 2019 08:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 25 56 2034822 pemandangan-bima-sakti-usai-musim-dingin-tertangkap-kamera-YQ6MApMe2D.jpg Ilustrasi Galaksi Bima Sakti (Foto: Discover Magazine)

JAKARTA- Seorang Astrophotographer, Sergio Conceicao berhasil menangkap pemandangan menakjubkan dari Galaksi Bima Sakti di Campinho, Portugal. Pemandangan ini lebih indah setelah musim dingin yang terjadi berbulan-bulan di sana.

Dilansir dari laman Space, Selasa (26/3/2019) pemandangan galaksi Bima Sakti di langit terlihat kembali pada Februari 2019. Ini terlihat sebelum fajar dari beberapa tempat dengan langit yang masih gelap.

Kabarnya lagi, dalam beberapa bulan mendatang, pemandangan tersebut akan mulai naik lebih tinggi di langit. Bahkan menjadi terlihat lebih awal setiap pagi hingga pertengahan musim panas, ketika puncak musim penayangan Bima Sakti tiba.

Conceicao mengambil foto-foto menakjubkan dari Bima Sakti ini saat yang terbaik musim panas lalu. Dia mengambil foto-foto dari Cagar Alam Langit Alqueva di Portugal, meskipun dengan sedikit polusi cahaya pada malam hari tanggal 12 Juni 2018.

 Bima Sakti

Baca Juga: Menjajal Kecepatan Internet di Singapura

Objek terbesar dan paling terang dalam foto-foto ini, terletak di sebelah kanan Bimasakti yang merupakan Jupiter. Tertanam di tepi bagian dalam busur terdekat adalah Saturnus, yang terletak di rasi Sagitarius. Dan di bagian atas busur adalah Segitiga Musim Panas, asterisme (atau pola bintang) yang terdiri dari bintang-bintang Deneb, Vega dan Altair.

Untuk menangkap pemandangan indah galaksi kita di langit malam, Conceicao menggunakan kamera Canon EOS 6D DSLR dengan lensa 14mm. Dia menangkap eksposur 10 detik untuk setiap gambar dengan ISO diatur ke 6400.

Galaksi Bima Sakti

Baca Juga: Samsung Forum 2019 Pamerkan Kulkas dengan Teknologi Pengenal Suara

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini