Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Finalis Piala Presiden Esports 2019 Jalani Bootcamp Jelang Final

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 26 Maret 2019 15:35 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 26 326 2035175 finalis-piala-presiden-esports-2019-jalani-bootcamp-jelang-final-56penPogTr.jpg Foto: Pernita/Okezone

JAKARTA - Finalis Piala Presiden Esport 2019 mengikuti bootcamp selama dua hari pada 26 hingga 27 Maret 2019 di Gedung Krida Bhakti Setneg, Jakarta Pusat. Adapun finalis yang menjalani bootcamp ini berasal dari 8 tim regional yang telah terpilih, Palembang, Bali, Makassar, Surabaya, Manado, Solo, Pontianak dan Bekasi.

Materi yang diberikan untuk para pun tidak hanya mengenai game saja, namun juga pengembangan diri. Adapun pada hari pertama peserta akan dilatih tentang Pancasila, public speaking dan media exposure.

Kemudian pada hari kedua, peserta akan dibekali mengenai bisnis eSport, time management, teamwork, personal development, nasionalisme, dedikasi, sportivitas,dan gaya hidup sehat .

Wakil Ketua Umum Indonesia eSport Association, Angki Trijaka mengungkapkan jika kegiatan ini juga diharapkan mampu mengasah kerjasama tim, mengatur sifat egois, dan memahami ideologi.

"Sejarah bangsa kita dan semangat nasionalisme jangan kendor. Ini yang harus semangatnya dari kita dan bertanding ke luar negeri itu nasionalismenya. Lebih kongkret-nya supaya lebih bangkit lagi," kata Angki dalam acara Bootcamp Piala Presiden Esport, di Jakarta, Selasa (26/3/2019).

Dia juga berharap agar peserta regional juga mampu bersaing dengan tim profesional yang juga akan ikut bertanding pada Final Piala Presiden 2019. (Baca Juga: 8 Tim Kualifikasi Game Esport Piala Presiden 2019)

Esport Piala Presiden

Kemudian, pada sesi pembekalan tentang nilai Pancasila, Plt Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Hariyono mengungkapkan jika kegiatan eSport merupakan salah satu contoh dari gotong royong, di mana para tim pasti melakukan musyawarah dalam pembagian tugas.

Dia mengatakan dalam hal ini tidak boleh adanya sikap egois. Lebih lanjut, Hariyono juga mengimbau para peserta eSport.

"Meskipun eSport positif, peserta juga bukan hanya menjadi objek eSport. Akan tetapi menjadi subjek dan mampu mengangkat harkat diri sendiri. Pasalnya saat ini digital menjadikan seseorang tidak peduli dengan lingkungan sekitar, yang dekat menjadi jauh dan yang jauh menjadi dekat," kata Hariyono.

Dia juga berharap jika suatu saat nanti peserta eSport dapat menjadi seorang pengembang-pengembang game atau developer game.

(Baca Juga: Piala Presiden Esport 2020 Tambag 2 Game Lagi

Tak hanya itu, Kemal Mochtar selaku Penyiar Gen FM juga mengungkapkan jika peserta harus mampu memiliki public speaking dengan pesan yang jelas, intonasi yang tepat dan pesan yang efisien. Menurut dia, bagaimana kita berbicara merupakan self branding yang akan menjadi ciri khas pribadi.

Untuk informasi, final Piala Presiden Esport 2019 akan dilaksanakan pada 30-31 Maret 2019 di Istora Senayan. Selain itu juga ditayangkan di Global TV pada 31 Maret 2019 pukul 21.30 WIB.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini