Ini Penyebab Harga TV Layar Besar Semakin Murah

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Rabu 27 Maret 2019 11:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 27 207 2035520 ini-penyebab-harga-tv-layar-besar-semakin-murah-eAE9sEQMYL.jpg (Foto: Ahmad Luthfi/Okezone)

SINGAPURA - Perangkat TV semakin canggih dengan teknologi yang disematkan di dalamnya. Samsung salah satu produsen perangkat elektronik yang menyediakan perangkat TV dengan fitur canggih.

Dalam acara Samsung Forum 2019, diperkenalkan berbagai macam teknologi Samsung, termasuk perangkat TV yang mengusung layar besar atau 65 inci ke atas.

Menurut Ubay Bayanudin, Senior Product Marketing Manager TV and Audio Visual, Samsung Electronics Indonesia, TV layar besar pada perkembangannya sejak 2015 hingga 2018 mengalami penurunan untuk rata-rata harga perangkat.

Bila pada 2015 harga rata-rata untuk TV 65 inci atau yang lebih besar sebesar Rp47,5 juta, pada 2018 menjadi Rp25,1 jutaan. Selama beberapa tahun, TV Premium menjadi semakin lebih terjangkau.

 

Penyebab menurunnya harga TV terkait dengan economical scale hingga cost material. "Yang paling utama, economical scale, kedua, pembelian material, 10 ribu unit dengan 10 juta unit itu berbeda. Pada tahun pertama teknologi ini masih jarang, tahun kedua sudah agak common, tahun ketiga sudah common, tahun keempat semakin common. Itu akan menurunkan semua komponen harganya, termasuk profit expectations dari masing-masing rantai yang ada di suplai chain ini," jelas Ubay.

Ia mengatakan bahwa ketika TV plasma 42 inci diluncurkan harganya mencapai Rp100 juta. Satu tahun berikutnya menjadi Rp60 juta, turun sekira 40 persen.

"Begitu juga dengan teknologi ini. Teknologi 8K tahun depan mungkin juga bisa turun. Semakin besar permintaan, justru semakin turun. Karena produksi kuantitasnya semakin banyak," ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, saat ini yang paling banyak permintaan di segmen TV 32 inci. "Harga rata-rata market Indonesia saat ini di bawah Rp4 juta, close to Rp4 juta, di atas Rp3 juta," katanya.

 

Baca juga: Samsung Buka Pre-order Galaxy Fold Mulai 26 April, Berapa Harganya?

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini