Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Programmer Komputer Paling Berpengaruh di Dunia

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Rabu 27 Maret 2019 11:59 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 27 207 2035549 5-programmer-komputer-paling-berpengaruh-di-dunia-RflleISiEm.jpg Ilustrasi (Foto: GogoTraining)

JAKARTA - Teknologi bisa memberikan banyak kemudahan untuk manusia. Dengan teknologi, segala yang dahulu terasa sulit menjadi semakin mudah dan praktis.

Di balik teknologi yang bisa manusia nikmati saat ini, ada orang-orang yang menciptakan atau mempelopori sehingga teknologi tersebut bisa terealisasi. Tentunya, mereka yang diberikan keahlian khusus di bidang teknologi atau komputer telah mencurahkan energi dan waktunya serta menjadi programmer yang paling berpengaruh di dunia.

Berikut ini beberapa programmer komputer yang paling berpengaruh di dunia.

Tim Berners Lee

Ilmuwan komputer Tim Berners-Lee merupakan tokoh yang menciptakan World Wide Web. Ia sempat bekerja di European Organization for Nuclear Research (CERN) di Jenewa, Swiss, pada 1989.

Bernes-Lee pertama kali mengembangkan web karena kebutuhannya untuk menyimpan berkas-berkas pribadinya. Dia membuat sistem bernama ENQUIRE yang merupakan database pengguna personal dan model software.

Hingga 1990, Berners-Lee membangun semua alat yang diperlukan agar web bekerja, seperti HyperText Transfer Protocol (HTTP) 0,9, HyperText Markup Language (HTML), web browser pertama (bernama World Wide Web yang juga web editor), perangkat lunak server yang pertama HTTP (kemudian dikenal sebagai CERN httpd), serta web server pertama (http://info.cern.ch).

 

Bill Gates

Bill Gates tidak hanya dikenal sebagai salah satu orang terkaya di dunia, tetapi juga sebagai programmer di dunia komputer. Ia sebagai pendiri Microsoft, perusahaan yang mengembangkan sistem operasi Windows yang banyak dipakai di perangkat PC di dunia, menjadi bukti bahwa dirinya adalah programmer paling berpengaruh di dunia.

 

Alan Turing

Saat ini kecerdasan buatan atau teknologi AI semakin mengemuka. Teknologi AI membuat robot atau perangkat menjadi semakin pintar. Teknologi AI tidak terlepas dari nama Alan Turing, yang disebut bapak ilmu komputer teoretis dan kecerdasan buatan.

Pada saat Perang Dunia II, Turing membuat bermacam teknik untuk memecahkan sandi Jerman. Turing menciptakan mesin elektromekanis yang bisa menemukan pengaturan mesin Enigma.

Oleh karena pencapaiannya tersebut, ia diberikan Hadiah Smith dari Ordo Kerajaan Inggris dan Fellow dari Royal Society. Sejak 1966, Penghargaan Turing telah diberikan setiap tahun oleh Asosiasi Mesin Komputasi untuk kontribusi pada komunitas komputasi.

 

Baca juga: Sharp Ramaikan Tren Ponsel Lipat dengan Desain Unik, Seperti Apa?

Linus Torvalds

Linux ditemukan Linus Torvalds yang merupakan seorang insinyur software Finlandia. Linus Torvalds lahir pada 1969 di Helsinki, Finlandia dari pasangan Nils dan Anna Torvalds.

Pada 1991, Linus Torvalds membeli komputer pertamanya, namun ia tidak puas dengan dengan sistem operasi MS-DOS (Microsoft Disk Operating System) yang saat itu digunakan. Ia lebih memilih OS UNIX yang terpasang pada komputer kampusnya.

Sejak saat itu ia merasa bahwa ia memiliki keahlian hingga memutuskan untuk mengembangkan OS berbasis UNIX pada komputer miliknya sendiri. Setelah berbulan-bulan berusaha dan konsisten melakukan pemrograman, Linus dapat mengembangkan versi dasar dari Linux pertama.

 

Brian Kernighan

Brian Kernighan merupakan ahli komputer yang bekerja di Bell Labs bersama Ken Thompson dan Dennis Ritchie. Bersama para pencipta UNIX, Kernighan sebagai programmer asal Kanada memberikan kontribusi cukup besar dalam pengembangan UNIX. }

Ia juga sosok yang membantu dalam penulisan bahasa pemrograman AWK dan AMPL serta membantu menulis buku pemrograman C bersama dengan Dennis Ritchie.

 

Baca juga: Badai Matahari Terkuat Pernah Terjadi 2.700 Tahun Lalu

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini