NASA Batalkan Spacewalk Bersejarah Astronot Perempuan, Kenapa?

Agregasi VOA, Jurnalis · Kamis 28 Maret 2019 08:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 27 56 2035836 nasa-batalkan-spacewalk-bersejarah-astronot-perempuan-kenapa-1CeyVWZ3hM.jpg (Foto: Cnet)

WASHINGTON - Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA) pada Senin (25/3), membatalkan rencana spacewalk atau kegiatan astronot di luar pesawat ruang angkasa. Astronot tersebut ialah astronot perempuan, yang batal spacewalk lantaran baju astronot yang tidak pas.

Padahal, rencana itu akan menjadi spacewalk bersejarah yang dilakukan oleh tim yang semua anggotanya perempuan.

Christina Koch akan melakukan tugas itu di ruang angkasa pada Jumat (29/) dengan rekannya sesama astronot AS, Nick Hague. Awalnya, tugas itu akan dilakukan oleh Anne McClain, kantor berita AFP melaporkan, Selasa (26/3).

Bila Koch dan McClain jadi melakukan spacewalk bersama, akan menjadi spacewalk pertama dalam sejarah yang dilakukan oleh dua astronot perempuan.

 

Hingga saat ini, biasanya spacewalk dilakukan oleh tim yang anggotanya hanya pria atau gabungan pria dan perempuan, sejak stasiun ruang angkasa dibangun pada 1998. Sejak beroperasi hingga saat ini sudah dilakukan 214 spacewalk.

Pekan lalu, ketika McClain sedang bekerja di luar stasiun bersama Hague, dia menyadari bagian atas baju ruang angkasanya yang berukuran “medium” lebih pas dikenakan.

“Karena hanya satu baju bagian atas ukuran medium yang siap digunakan pada Jumat, 29 Maret, Koch akan mengenakannya,” kata NASA menjelaskan.

Baju-baju ruang angkasa yang dikenakan di ISS sebenarnya adalah beberapa bagian yang disatukan untuk menyesuaikan dengan tubuh para astronot, kata Brandi Dean, juru bicara Pusat Ruang Angkasa Johnson di Houston, Texas, menerangkan. Para astonot AS dipusatkan di Pusat Ruang Angkasa Johnson.

Dia mengatakan dua bagian tas dari tiga ukuran baju ruang angkasa yang tersedia di ISS adalah ukuran medium, besar (Large) dan ekstra besar (extra large).

“Kami melakukan yang terbaik untuk mengantisipasi ukuran baju ruang angkasa yang akan dibutuhkan oleh para astronot, berdasarkan ukuran baju yang mereka kenakan saat latihan, dan dalam beberapa kasus, para astronot mengenakan beragam ukuran,” kata Dean memaparkan masalah yang menghalangi rencana spacewalk pada Jumat.

 

Baca juga: Progres Palapa Ring Timur Capai 94,5%, Target Rampung Juni 2019

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini