Arkeolog Temukan Situs Makam Kapal Viking Kuno di Norwegia

Agregasi VOA, Jurnalis · Jum'at 29 Maret 2019 10:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 28 56 2036299 arkeolog-temukan-situs-makam-kapal-viking-kuno-di-norwegia-6k1GjFbLxX.jpg (Foto: AFP)

NORWEGIA - Para arkeolog menemukan situs yang diyakini sebagai makam kapal Viking langka di wilayah Norwegia yang dikenal menyimpan berbagai penemuan berharga dari Viking, kata para pejabat pemerintahan Norwegia pada Senin (25/3), kantor berita AFP melaporkan.

Menggunakan radar penembus tanah (GPR), para ahli menemukan anomali berbentuk kapal di dekat gundukan pekuburan Viking lainnya di Taman Borre di daerah Vestfold, di tenggara Oslo.

“Data GPR jelas menunjukkan bentuk kapal, dan kami bisa melihat jejak samar dari depresi melingkar di sekitar kapal. Ini menunjukkan adanya gundukan yang kemudian dihilangkan,” kata Terje Gansum, Kepala Departemen Manajemen Warisan Budaya di daerah Vestfold dalam sebuah pernyataan.

Dia mengatakan para peneliti akan melakukan investigasi lebih lanjut untuk mencoba menilai ukuran temuan yang disimpan.

 

Sejauh ini hanya ada tujuh makam kapal yang berasal dari zaman Viking (800-1050) di Eropa, termasuk tiga situs yang terletak di Vestfold.

Satu situs makam kapal Viking lainnya diyakini telah ditemukan di Jellestad, bagian tenggara Norwegia tahun lalu.

Selama era Viking, ketika para pelaut bangsa Norwegia yang berasal dari Eropa Utara datang untuk menyerbu dan berdagang, para pejabat tingkat tinggi biasanya dimakamkan di dalam kapal bersama dengan harta bendanya, bahkan sisa lembu atau kuda yang mereka miliki. Kemudian kapal itu akan ditutup dengan gundukan tanah.

“Penemuan kapal Viking baru di Vestfold adalah peristiwa bersejarah yang akan menarik perhatian internasional,” kata Menteri Iklim dan Lingkungan Norwegia Ola Elvestuen.

Baca juga: Pemerintah Siapkan Satelit Internet Setelah Palapa Ring Rampung 100 Persen

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini