Google Tingkatkan Keamanan dan Privasi Pengguna Android

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa 02 April 2019 11:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 02 207 2038135 google-tingkatkan-keamanan-dan-privasi-pengguna-android-U69WkuiYJc.jpg (Foto: Phonearena)

JAKARTA - Google baru-baru ini merilis laporan keamanan dan privasi tahunan. Dalam laporan tersebut, Google mengatakan bahwa perusahaan memiliki tiga pendekatan untuk keamanan Android.

Dilansir Phonearena, Selasa (2/4/2019), perusahaan menggunakan keamanan berlapis yang semuanya bekerja bersama untuk melindungi sistem operasi dan aplikasi. Menurut Google, transparansi menciptakan keterbukaan dan kepercayaan.

Bagian ketiga dari keamanan Android disebut 'Backed by Google', berarti bahwa Android didukung oleh para profesional kelas dunia dalam ilmu komputer dan keamanan.

 

Sistem pertahanan asli Android, yang disebut Google Play Protect, memindai semua aplikasi pada perangkat yang mencari Aplikasi yang Berpotensi Berbahaya (PHA). Google Play Protect memindai 50 miliar aplikasi pada 2 miliar perangkat.

Fitur ini kini tersedia secara default pada semua ponsel Android. Tahun lalu Google juga menambahkan pemberitahuan yang memperingatkan pengguna Android ketika mereka menginstal aplikasi di luar Google Play Store, dan ketika mereka akan menginstal aplikasi berbahaya.

Pada 2018, Google juga mulai secara otomatis menonaktifkan aplikasi yang membuat masalah dengan privasi atau memiliki perilaku atau konten yang menipu. Google juga meningkatkan fitur Find My Device-nya tahun lalu dengan menambahkan peta dalam ruangan sehingga handset yang hilang dapat ditemukan di gedung-gedung besar seperti bandara.

Bekerja dengan pabrikan Android, pemasok dan operator SoC, Google telah meningkatkan jumlah perangkat yang menerima pembaruan keamanan rutin. Bahkan, selama kuartal keempat tahun lalu, 84% lebih banyak perangkat menerima pembaruan keamanan dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun sebelumnya.

Ketika Android menginjak 10 tahun pada tahun lalu, Google terus membuat langkah dalam upayanya untuk meningkatkan keamanan dan privasi Android.

 

Baca juga: Drone Rusia Dilengkapi Shotgun untuk Berburu Drone

(ahl)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini