Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Samsung dan Qualcomm Tolak Kerjasama dengan Apple

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 04 April 2019 13:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 04 207 2038911 samsung-dan-qualcomm-tolak-kerjasama-dengan-apple-lhO2euapPV.jpg Ilustrasi (Foto: GSM Arena)

JAKARTA- Samsung dikabarkan menyusul Qualcomm untuk tidak bekerjasama dengan Apple. Lengkapnya Samsung telah menolak menjadi pemasok modem 5G untuk perangkat iPhone.

Dilansir dari laman GSM Arena, Kamis (4/4/2019) Samsung memberikan alasan jika pihaknya tidak memiliki pasokan modem Exynos 5100 5G. Bahkan jika Samsung dapat meningkatkan kapasitas produksi, ia akan memiliki pengaruh atas Apple dalam negosiasi.

Rumornya, Apple dikabarkan kerap mendesak pemasok komponennya untuk mendapatkan margin yang lebih baik. Penolakan kerjasama antara Samsung, Qualcomm kepada Apple ini tampaknya akan memperlambat tersedianya iPhone 5G. Pasalnya, sumber modem nirkabel pilihan Apple, Intel, saat ini belum memiliki modem 5G.

Apple

Baca Juga: Harga iPhone XR Dipangkas di India, Apple Ubah Strategi

Modem 5G yang digadang-gadang intel XMM 8160 kabarnya baru akan siap pada 2020. Tampaknya ini bisa menjadi kesempatan bagi MediaTek. Namun, seorang analis UBS Timothy Arcuri mengatakan bahwa chip MediaTek tidak memenuhi standar Apple dan mengklaim bahwa Samsung juga merupakan pilihan yang tidak mungkin.

Dia juga mengatakan bahwa kerangka waktu Intel untuk modem 5G-nya akan terlambat untuk iPhone tahun depan. Dengan jadwal rilis Apple setahun sekali, ini akan mendorong iPhone 5G mungkin baru hadir pada 2021.

Analisis percaya bahwa ketersediaan 5G akan sangat masif dan berkembang tahun depan. Jika Apple ketinggalan maka pihaknya akan sangat kesulitan dan tertinggal.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini