Astronom Berhasil Tangkap Foto Lubang Hitam

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 04 April 2019 17:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 04 56 2039044 astronom-berhasil-tangkap-foto-lubang-hitam-wNRPB6NNgE.jpg Ilustrasi Lubang Hitam (Foto: Tech Explorist)

JAKARTA- Para ilmuwan mempercayai adanya lubang hitam yang terdapat di luar angkasa. Namun hingga kini para astronom belum berhasil untuk memotret lubang hitam. Secara harfiah lubang hitam adalah ruang tak terlihat, mereka menyerap semua radiasi elektromagnetik.

Gravitasi mereka yang sangat besar mengisap segala hal di sekitarnya termasuk cahaya yang berada dalam genggaman mereka. Sekali sesuatu jatuh ke dalam lubang hitam, maka tidak akan pernah bisa lepas. Hal ini membuat sepenuhnya mustahil untuk benar-benar melihat lubang hitam

Dilansir dari laman Tech Explorist, Kamis (4/4/2019) menariknya European Southern Observatory kabarnya akan mengumumkan pengumuman besar. Tepatnya pengumuman tentang hasil tangkapan foto pertama dari lubang hitam.

 Ilustrasi Lubang Hitam

Baca Juga: Komodo Miliki Darah Mengandung Peptida Antimikroba, Jadi Incaran Penyelundup

Komisi Eropa, Dewan Penelitian Eropa, dan tim internasional di belakang proyek Event Horizon Telescope (EHT) bersiap untuk pengumuman ini pada 10 April pukul 15.00 CEST waktu setempat.

Ini bisa menjadi salah satu penemuan ilmiah terbesar.Selama 13 tahun terakhir, Event Horizon Telescope (yang sebenarnya merupakan jaringan observatorium radio di seluruh planet) telah mencoba untuk membayangkan dua lubang hitam.

Baca Juga: WhatsApp Luncurkan Fitur Kontrol Undangan Masuk Grup

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini