Ramadan dan Lebaran 2019, XL Pastikan Kesiapan Jaringan Termasuk Layanan Data 4G

Amril Amarullah, Jurnalis · Jum'at 05 April 2019 17:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 05 54 2039574 ramadan-dan-lebaran-2019-xl-pastikan-kesiapan-jaringan-termasuk-layanan-data-4g-ec9FnL445h.jpg Ilustrasi (Foto: Reuters)

BANYUWANGI - Menghadapi bulan suci Ramadan dan Idul Fitri 2019, PT XL Axiata Tbk memastikan kesiapan jaringan dalam menghadapi lonjakan penggunaan layanan.

Direktur Teknologi XL Axiata Yessie Yosetya mengatakan, XL senantiasa melakukan persiapan sejak Desember 2018, dengan melakukan pengecekan terhadap 650 titik destinasi arus mudik, arus balik dan liburan.

Adapun identifikasi titik yang bakal terjadi lonjakan antara lain stasiun kereta, terminal, bandar udara, pelabuhan ditambah tempat liburan dan kuliner di jalur mudik.

"Bukan itu saja, pengamanan jaringan juga dilakukan di sepanjang jalur tol baru di Jawa maupun Sumatera yang menjadi jalur darat utama dalam periode itu," kata Direktur Teknologi XL Axiata Yessie Yosetya di Banyuwangi, Jumat (5/4/2019).

 

Ia juga memastikan kualitas di berbagai destinasi itu sesuai dengan ekspektasi pelanggan selama libur panjang.

Menurutnya, pada periode ini diperkirakan lalu lintas layanan akan meningkat pada penggunaan data, meningkat hingga 30 persen selama musim mudik. Bahkan akan ada peningkatan sekira 68 persen yang didominasi dari layanan streaming dan video.

Oleh karena itu, XL Axiata juga telah menyiapkan sekitar 50 MBTS dan sekitar 10.000 BTS baru di jalur mudik, tujuan mudik dan tempat wisata yang ramai dikunjungi saat lebaran.

Ia menambahkan, tempat keberangkatan atau kedatangan pemudik dan tempat tujuan wisata menjadi titik penting. "Karena itu peningkatan jaringan dilakukan secara digital di titik kumpul pemudik dan saat lebaran," jelasnya.

Dalam kesempatan ini, XL Axiata ikut memastikan adanya jaringan data berkualitas 4G LTE di sebagian jalur utama seperti jalur tol Trans Jawa maupun jalur kereta api Jakarta-Surabaya.

Sedangkan, operasi 4G LTE di jalan non tol pantai utara Jawa telah mencapai 95 persen, non tol pantai selatan Jawa 90 persen, jalur Sumatera 94 persen, jalur Kalimantan 66 persen dan Jalur Tol Bakauheni-Terbanggi 85 persen.

 

Baca juga: Korea Selatan Jadi Negara Pertama Luncurkan 5G Komersial

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini