Penampakan Asli Lubang Hitam Terungkap 10 April 2019

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 08 April 2019 08:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 07 56 2040158 penampakan-asli-lubang-hitam-bakal-terungkap-10-april-2019-PSl4LMbwBK.jpg Ilustrasi Lubang Hitam (Foto: USA Today)

JAKARTA- Para ilmuwan dikabarkan akan mengungkap foto asli lubang hitam untuk pertama kali pada minggu ini. Lengkapnya, Yayasan Ilmu Pengetahuan Nasional AS mengatakan akan mengumumkan dalam konferensi pers hasil terobosan dari proyek Event Horizon Telescope (EHT).

Pengumuman dijadwalkan berlangsung pada 10 April pukul 9:00 pagi waktu Washington. Tak hanya itu, konferensi pers simultan juga akan dijadwalkan di Brussels, Santiago, Shanghai, Taipei dan Tokyo.

Dilansir dari laman ABC Net, Senin (8/4/2019) hal ini akan menandai terobosan besar dalam bidang astrofisika dan memberikan wawasan baru soal monster langit raksasa tersebut. Seperti diketahui lubang hitam sering dikaitkan dengan lubang yang mampu menyedot benda langit apapun yang berada didekatknya.

Para ilmuwan dari proyek EHT hingga saat ini masih belum banyak bicara mengenai temuan mereka, tetapi secara luas diharapkan mereka akan menunjukkan setidaknya satu foto lubang hitam. Proyek ini dibentuk tujuh tahun lalu dengan tujuan untuk secara langsung mengamati lingkungan langsung dari lubang hitam.

"Ini adalah proyek visioner untuk mengambil foto pertama dari lubang hitam. Kami adalah kolaborasi lebih dari 200 orang secara internasional," kata Direktur Proyek, astrofisika Sheperd Doeleman.

Untuk melakukannya, para ilmuwan menghubungkan serangkaian antena teleskop radio di seluruh dunia untuk membuat teleskop seukuran Bumi virtual. Para peneliti kemudian menargetkan dua lubang hitam supermasif.

lubang Hitam

Baca Juga: 5 Tips Menghemat Kuota Data yang Mungkin Belum Anda Tahu

Pertama disebut Sagitarius A yang terletak 26.000 tahun cahaya dari Bumi di pusat galaksi Bima Sakti dan 4 juta kali massa Matahari. Satu tahun cahaya adalah jarak yang di tempuh cahaya dalam satu tahun sekitar 9,5 triliun kilometer.

Kedua disebut M87 yang berada 54 juta tahun cahaya dari Bumi di pusat galaksi Virgo A yang berdekatandengan massa 3,5 miliar kali Matahari. Fakta bahwa lubang hitam tidak memungkinkan cahaya untuk lolos membuat sulit melihatnya. Jadi, para ilmuwan bukannya mencari cincin cahaya di sekitar lubang hitam.

Para ilmuwan di balik proyek EHT mengatakan mereka akan bertujuan untuk menangkap gambar setajam silet, tetapi memperingatkan itu tidak akan mudah.

"Kualitas gambar tergantung pada pengaturan susunan teleskop, kondisi cuaca di lokasi teleskop, serta gambar yang kabur saat cahaya bergerak dari lubang hitam menuju Bumi," kata situs web proyek tersebut.

Sementara itu, menurut ahli astrofisika Universitas Arizona Dimitrios Psaltis, penelitian ini akan menguji salah satu pilar sains - teori fisika relativitas umum Albert Einstein. Teori itu, yang diajukan pada 1915, dimaksudkan untuk menjelaskan hukum gravitasi dan hubungannya dengan kekuatan alam lainnya. 

"Bentuk bayangan lubang hitam akan menjadi lingkaran yang sempurna dalam teori Einstein. Jika kita menemukan itu berbeda dari yang diprediksi oleh teori, maka kita kembali ke titik awal dan kita berkata, Jelas, ada sesuatu yang tidak sepenuhnya benar," kata Dr Psaltis.

Blackhole

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini