Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Tips Menghemat Kuota Data yang Mungkin Belum Anda Tahu

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Minggu 07 April 2019 13:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 07 92 2040139 5-tips-menghemat-kuota-data-yang-mungkin-belum-anda-tahu-13d7mniBwg.jpg Ilustrasi Pengguna Smartphone (Foto: The Financial Express)

JAKARTA- Saat Anda menggunakan smartphone dalam jangka waktu yang lama, kerap kali Anda tak memperhatikan penggunaan kuota data. Beberapa dari Anda bahkan mungkin merasa kaget saatkuota data habis saat akan menggunakannya lagi. Kali ini Okezone akan memberikan empat tips jitu bagi Anda untuk menghemat kuota data, berikut ulasannya.

Baca Juga: 6 Daftar Game Esport, Nomor 1 Populer di Asia Tenggara

1. Gunakan Aplikasi dan Game Offline

Play Store

Seperti yang kita ketahui, beberapa permainan memerlukan akses internet untuk dimainkan dan ini sangat menyita kuota internet Anda.

Cara paling ampuh yakni Anda dapat menggunakan game yang tidak memerlukan akses internet selama pemutaran, cukup unduh kuota data apa pun. Begitu juga dengan aplikasi, banyak aplikasi menarik yang mampu digunakan secara offline. Aplikasi seperti Instagram, Facebook, YouTube tentunya akan menyita kuota data lebih cepat.

2. Gunakan Batas Data di Latar Belakang

Cara termudah untuk menghemat kuota data paket internet Anda adalah dengan mengatur aplikasi Anda atau bahkan sistem Android itu sendiri.

Data latar belakang adalah pemborosan data internet yang terjadi saat Anda tidak menggunakannya. Contohnya adalah sinkronisasi email, perbarui feed, widget cuaca, dan sebagainya.

Oleh karena itu, Anda dapat mengatur di menu Pengaturan, lalu pilih Penggunaan Data, lalu pilih Batasi Data Latar Belakang.

Spotify

Baca Juga: Samsung Galaxy Tab S5e Usung Bodi Ramping dan Ringan

3. Batasi Streaming Musik atau Video

Layanan streaming sekarang ini sangat berlimpah. Dengan menggunakan smartphone, Anda dapat mengakses situs streaming YouTube, Spotify, Vie, atau video dan musik lainnya.

Padahal, dengan menggunakan ini, kuota internet Anda akan cepat habis. Selain itu, aplikasi streaming akses yang berlebihan juga akan menguras daya baterai Anda. Tipsnya, coba letakkan musik favorit Anda di daftar penyimpanan d smartphone. Jika memori internal tidak mencukupi, gunakan microSD.

Jika ponsel cerdas Anda tidak memiliki slot untuk microSD, Anda dapat menggunakan flash OTG yang masih dapat menikmati musik offline.

4. Hapus Aplikasi yang Banyak Konsumsi Data

Untuk melakukan ini caranya buka menu Pengaturan, lalu ke Penggunaan Data, Anda dapat melihat aplikasi mana yang paling banyak menggunakan data, baik di latar depan atau di latar belakang. Ini harus kamu lakukan untuk mengetahui di mana aplikasi yang merepotkan.

Sebagai contoh, aplikasi Yahoo. Yahoo telah mengunduh ratusan MB email di latar belakang tanpa sepengetahuan Anda. Untuk itu, Anda bisa menghapus aplikasi ini, atau mengatur agar Yahoo tidak terlalu sering mengambil data dengan sinkronisasi.

 Bluetooth

Baca Juga: Piama Cerdas Ini Bantu Pengguna Atasi Penyakit Insomnia

5. Bagikan File Anda Melalui Bluetooth

Sekarang ini, Anda selalu menggunakan aplikasi perpesanan untuk menyederhanakan proses transfer file antara ponsel cerdas Anda dengan yang lain. Padahal, jelas ini membutuhkan kuota internet Anda. Jadi, panggunaan bluetooth mampu menghemat kuota Anda lebih lagi.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini