Google Buka Layanan Pengiriman via Drone Pertama di Dunia

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa 09 April 2019 14:23 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 09 207 2041042 google-buka-layanan-pengiriman-via-drone-pertama-di-dunia-Q0UWIAX2WI.jpg (Foto: Engadget)

JAKARTA - Layanan pengiriman barang umumnya menggunakan transportasi darat. Bila transportasi darat sudah biasa, Google memilih cara yang berbeda yakni dengan menggunakan layanan drone.

Dilansir Theguardian, Selasa (9/4/2019), bisnis pengiriman drone pertama di dunia mendapatkan persetujuan untuk terbang di langit utara Canberra. Selama 18 bulan terakhir, Project Wing, cabang dari perusahaan induk Google, Alphabet, menguji coba pengiriman makanan dan minuman, obat-obatan, serta kopi serta cokelat buatan lokal.

Badan pengawas penerbangan pada hari Selasa mengkonfirmasi telah menandatangani skema tersebut. Juru bicara Casa Peter Gibson mengatakan keselamatan drone, sistem manajemen lalu lintas, pemeliharaan, pelatihan pilot drone dan rencana operasional telah diperiksa.

"Semua masalah keselamatan itu telah dinilai sehingga tidak ada risiko bagi orang-orang di darat, properti atau pesawat terbang di angkasa," kata Gibson kepada Guardian Australia.

 

Dia mengatakan persetujuan telah diberikan dengan kondisi yang ketat termasuk jam operasional siang hari. Drone dilarang melintasi jalan-jalan utama dan ada jarak minimum yang harus dipertahankan dari orang-orang di darat.

Selama percobaan, kabarnya suara bising dari pesawat tak berawak membuat marah beberapa warga di dekatnya yang mengklaim itu bisa didengar melalui jendela berlapis ganda.

Gibson mengatakan CASA memang mempertimbangkan masalah kebisingan sebagai bagian dari proses persetujuan.

Layanan pengiriman drone diperkirakan akan dimulai di pinggiran kota Crace, Palmerston dan Franklin dalam beberapa minggu mendatang, sebelum berekspansi ke Harrison dan Gungahlin.

Baca juga: Twitter Batasi Pengguna Follow Akun 400 per Hari

(ahl)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini