Transplantasi Rahim Dibantu Robot, Ini Perempuan Pertama yang Berhasil Hamil dan Melahirkan

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Kamis 11 April 2019 18:59 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 11 56 2042199 transplantasi-rahim-dibantu-robot-ini-perempuan-pertama-yang-berhasil-hamil-dan-melahirkan-gnokTleWGe.jpg (Foto: University of Gothenburg)

JAKARTA - Seorang perempuan melahirkan bayi laki-laki, menjadi perempuan pertama di dunia yang hamil melalui transplantasi rahim yang dilakukan oleh robot. Perempuan tersebut berasal dari Swedia, yang melahirkan bayi seberat 2,9 kilogram melalui operasi caesar.

Dilansir Metro, Kamis (11/4/2019), perempuan dan nama bayi belum dirilis. Dia menjalani prosedur perintis pada 2017 dan mengejutkan dunia setelah mengungkapkan dia hamil pada Januari.

Robot mengeluarkan rahim dari perempuan lain dan menempatkannya di dalam tubuh ibu baru. Tidak diketahui apakah ibu itu lahir tanpa rahim atau sudah diangkat karena penyakit seperti kanker. Namun, dia masih memiliki telur, memungkinkan dokter untuk melakukan IVF.

Embrio diciptakan menggunakan perawatan kesuburan dan ditanamkan ke dalam rahimnya sepuluh bulan setelah transplantasi.

Ibu dan bayi tidak mengalami komplikasi selama persalinan, yang merupakan persalinan sesar yang direncanakan.

Dr Pernilla Dahm-Kähler, yang membantu melakukan transplantasi rahim, mengatakan, "Perasaan yang luar biasa untuk melahirkan anak yang sangat dirindukan dan istimewa".

Dia mengatakan "sangat luar biasa" untuk melihat kegembiraan yang dipicu oleh kedatangan bayi itu.

"Ini adalah langkah yang sangat penting untuk mengembangkan operasi yang terlibat dalam transplantasi uterus dan keamanannya," kata Profesor Mats Brännström, yang memimpin prosedur ini.

"Untuk pertama kalinya, kami menunjukkan bahwa teknik bedah berbantuan robot yang kurang invasif dapat dilakukan," katanya.

Kabarnya, hanya 15 bayi di seluruh dunia yang lahir dari rahim yang ditransplantasikan, dan sembilan di antaranya dilahirkan setelah prosedur di Swedia. Kelahiran terakhir ialah yang pertama kali terjadi setelah transplantasi rahim yang dilakukan robot.

 

Baca juga: Ini Foto Lubang Hitam yang Berhasil Ditangkap Astronom

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini