Apple Gelontorkan Ratusan Juta Dollar untuk Rayu Developer Game

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Senin 15 April 2019 14:43 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 15 326 2043729 apple-gelontorkan-ratusan-juta-dollar-untuk-rayu-developer-game-hOrNgBOKHz.jpg (Foto: AppleInsider)

JAKARTA - Apple menggelontorkan ratusan juta dollar untuk mengamankan game yang akan hadir di layanan berlangganan Apple Arcade. Analis memperkirakan program tersebut dapat menghasilkan lebih banyak uang bagi perusahaan ketimbang layanan berita atau TV.

Dilansir Smh, Senin (15/4/2019), mengutip orang-orang yang akrab dengan kesepakatan tersebut, FT mengindikasikan bahwa pembuat iPhone menghabiskan beberapa juta dolar masing-masing untuk sebagian besar dari lebih dari 100 video game yang telah dipilih untuk diluncurkan dengan Apple Arcade. Kabarnya, total anggaran kemungkinan akan lebih dari USD697 juta.

Langkah Apple ke dunia games datang pada saat pengamat industri memprediksi pergeseran paradigma dari cakram plastik dan konsol rumah, menuju layanan berlangganan dan permainan melalui internet ke perangkat apa pun.

Google dan Microsoft adalah penggerak besar pertama di ruang ini, dan Apple jelas ingin juga, tetapi pertama-tama perlu memantapkan dirinya di pasar.

 

Apple Arcade akan menjadi bagian dari App Store, dan akan fokus pada game yang eksklusif untuk layanan ini, artinya gamer yang biasa bermain di Android, PC atau konsol game dari Nintendo, Microsoft dan Sony tidak akan dapat mengaksesnya. Game arcade juga tidak akan tersedia untuk non-pelanggan, meskipun mereka menggunakan perangkat Apple.

Apple menawarkan insentif tambahan kepada pengembang game jika mereka setuju agar game mereka tersedia secara eksklusif di layanannya, dan menahan rilis di Google Play store atau bundel game berlangganan lainnya seperti Microsoft Xbox Game Pass, FT mengatakan. Setelah beberapa bulan, pengembang akan dapat merilis game mereka di komputer atau konsol game lainnya.

Apple Arcade akan melihat gamer mengunduh permainan ke perangkat mereka, di mana mereka dapat bermain bahkan jika tidak ada koneksi internet yang tersedia. Jika mereka terhubung, pemain akan dapat melanjutkan kemajuan game mereka di iPhone, iPad, komputer Mac dan Apple TV. Layanan ini akan tersedia di Australia pada musim semi, tetapi Apple belum mengumumkan harganya.

Baca juga: 5 Ponsel Terpopuler dari Galaxy A80 hingga Redmi Note 7

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini