Samsung Produksi Chip Baru di 2020 Bikin Baterai Lebih Awet

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 16 April 2019 13:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 16 207 2044124 samsung-produksi-chip-baru-di-2020-bikin-baterai-lebih-awet-XR3ronJYOF.jpg Ilustrasi Ponsel Samsung (Foto: Ist)

JAKARTA - Beberapa vendor saat ini tengah meningkatkan teknologi prosesornya, tidak terkecuali Samsung. Perusahaan asal Korea Selatan tersebut membuat prosesor miliknya sendiri yakni Exynos.

Bahkan baru-baru ini perusahaan itu dikabarkan akan membuat chip dengan memberikan peningkatan dalam daya tahan baterai dan kecepatan.

Dilansir dari Cnet, Selasa (16/4/2019), lebih lanjut peningkatan ini kabarnya akan dipetakan melalui satuan hukum moore yang terkenal dalam industri mikroprosesor. Hal tersebut akan membuat komponen elektronik chip yang disebut transistor akan semakin kecil.

Samsung bahkan mengatakan jika pihaknya akan mengecilkan ukuran transistor menjadi 5 miliar meter. Dengan ukuran lebih kecil mampu membuat Samsung menambah lebih banyak kemampuan elektronik pada chipnya. Bahkan diklaim chip mampu mendapatkan peningkatan kecepatan 10 persen dan penghematan daya 20 persen.

Samsung

Baca Juga: Kominfo Ungkap Penyebab Gangguan Layanan WhatsApp

Pengembangan ini tidak hanya membantu Samsung, yang membangun prosesor Exynos untuk ponselnya sendiri, tetapi juga Qualcomm dan perusahaan lain yang mengandalkan bisnis pengecoran Samsung untuk membangun chip milik mereka.

"Kami mengharapkan ini akan diproduksi mulai kuartal kedua 2020," kata Shawn Han, wakil presiden senior untuk bisnis pengecoran Samsung.

Samsung adalah salah satu yang selamat dalam suatu industri yang dihukum oleh tantangan teknis yang tak henti-hentinya. Pindah ke teknologi manufaktur prosesor baru membutuhkan pengeluaran yang terus meningkat untuk penelitian dan peralatan, sebuah realitas ekonomi yang telah mempersingkat daftar produsen utama menjadi hanya tiga yakni Samsung, Intel dan Taiwan Semiconductor Manufacturing Corp (TSMC).

Exynos

Baca Juga: NASA dan SpaceX Kerjasama Cegah Asteroid Tabrak Bumi

Setelah bertahun-tahun berjuang, Intel baru sekarang membangun chip yang diproduksi dengan teknologi 10nm, meskipun teknologinya mampu memeras transistor dengan lebih kompak. TSMC dan Samsung membangun chip dengan teknologi 7nm, proses pembuatan yang digunakan pada ponsel andalan seperti Apple iPhone XS dan Samsung Galaxy S10.

Awal bulan ini, bagaimanapun, TSMC mengatakan itu mulai membangun chip prototipe 5nm untuk pelanggan. Dikatakan bahwa chip bisa mendapatkan peningkatan kecepatan 15 persen dibandingkan dengan Samsung. Karena dibutuhkan daya lebih untuk meningkatkan kinerja, produsen chip harus memutuskan karakteristik mana yang menjadi prioritas.

TSMC juga memiliki peningkatan 80 persen dalam jumlah transistor yang akan sesuai pada area permukaan tertentu dibandingkan dengan peningkatan 25 persen Samsung. TSMC tidak merinci peningkatan konsumsi daya untuk dibandingkan dengan peningkatan 20 persen dari Samsung.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini