NASA dan SpaceX Kerjasama Cegah Asteroid Tabrak Bumi

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 16 April 2019 11:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 16 56 2044092 nasa-dan-spacex-kerjasama-cegah-asteroid-tabrak-bumi-atvpZqLFUL.jpg Ilustrasi Asteroid Mendekati Bumi (Foto: Brobible)

JAKARTA- NASA telah memilih perusahaan milik Elon Musk, SpaceX untuk meluncurkan misi terbaru. Misi ini dijuluki Double Asteroid Redirection Test (DART) yang akan dilakukan pada Juni 2021.

Dilansir dari laman Newsmax, Selasa (16/4/2019), DART tersebut dirancang untuk menghalangi asteroid dan membelokannya menjauh dari Bumi untuk menghindari dampak bencana. Nantinya DART akan diluncurkan ke luar angkasa dengan melalui roket Falcon 9 milik SpaceX. Misi ini diperkirakan menelan biaya USD69 juta.

Asteroid

Baca Juga: Kominfo Ungkap Penyebab Gangguan Layanan WhatsApp

DART akan menggunakan teknik yang disebut penabrak kinetik untuk mencegat bulan kecil asteroid Didymos pada Oktober 2022. Pada saat itu, para ilmuwan memperkirakan asteroid akan berada dalam jarak 11 juta kilometer dari Bumi.

Pesawat ruang angkasa tak berawak akan diluncurkan dari Pangkalan Angkatan Udara Vandenberg di California.

Menurut NASA , asteroid Didymos berdiameter 800 meter dan bulannya berdiameter 150 meter. Benda langit tersebut mengorbit Matahari setiap 2,11 tahun Bumi.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini