Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Robot Menyerupai Anjing Bisa Tarik Mobil Truk, Ini Videonya

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Kamis 18 April 2019 06:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 17 56 2044725 robot-menyerupai-anjing-bisa-tarik-mobil-truk-ini-videonya-O0Y13J2tIx.jpg (Foto: Boston Dynamics)

JAKARTA - Robot diciptakan untuk membantu tugas manusia. Robot memiliki beragam bentuk, ada yang menyerupai manusia dan memiliki wujud yang terinspirasi dari hewan.

Salah satu robot yang terinspirasi dari hewan ialah SpotMini, robot yang memiliki wujud seperti anjing yang berjalan dengan empat kaki. Dilansir Engadget, Rabu (17/4/2019), video baru oleh Boston Dynamics menunjukkan 10 robot yang dihubungkan dengan mobil truk.

Robot itu tampak menarik mobil truk di tempar parkir perusahaan dengan kemiringan menanjak satu derajat. Ada pengemudi di belakang kemudi selama demonstrasi, mungkin untuk mencegah kecelakaan, tetapi kendaraan itu sendiri dalam kondisi netral.

 

Boston Dynamics ialah pihak yang membangun SpotMini, robot empat kaki yang memiliki berat 66 pounds. Mesin ini bisa berlari hingga 90 menit, tergantung dari apa yang ia lakukan. Baterainya mungkin lebih cepat habis ketika menarik mobil truk.

Robot kabarnya memiliki kamera penglihatan 3D, serta serangkaian sensor untuk navigasi dan manipulasi seluler. Perusahaan robotika mengatakan itu adalah mesin paling sunyi yang pernah dibuat dan sekarang hampir habis untuk dibeli.

SpotMini kini keluar dari jalur produksi dan "akan segera tersedia untuk berbagai aplikasi". Robot bisa membawa muatan hingga 31 pound, memiliki lengan yang dapat menangani objek, dan dapat naik dan turun tangga, dapat digunakan untuk gudang atau mungkin bahkan untuk misi pencarian dan penyelamatan di masa depan.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini