Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sony PlayStation 5 Miliki Performa Lebih Cepat dan Grafis 8K

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Kamis 18 April 2019 14:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 18 326 2045175 sony-playstation-5-miliki-performa-lebih-cepat-dan-grafis-8k-0rJSrTddIn.jpg (Foto: AFP)

JAKARTA - Gamer mengantisipasi kemunculan konsol game besutan Sony terbaru yang disebut dengan PS5 (PlayStation 5). Saat ini, informasi mengenai perangkat tersebut mulai beredar.

Dilansir Straitstimes, Kamis (18/4/2019), belum diketahui nama resmi dari konsol game PlayStation generasi terbaru. Kemungkinan tidak akan dirilis pada tahun ini.

Mark Cerny, Lead System Architect Sony mengatakan kepada Wired bahwa konsol generasi terbaru akan lebih revolusi ketimbang evolusi. Tidak seperti PS4 Pro yang merupakan upgrade spesifikasi yang dibandingkan dengan PS4, konsol generasi baru akan hadir dengan hardware baru.

Hardware baru itu termasuk unit pemrosesan pusat delapan inti yang lebih cepat berbasis generasi ketiga dari garis Ryzen AMD. Salah satu perbaikan utama untuk konsol baru ialah peningkatan kecepatan game.

 

Penerus PS4 mungkin memanfaatkan solid-state drive (SSD) khusus yang terlihat untuk meningkatkan pemuatan game dan kecepatan rendering grafik.

Menurut Wired, Mr Cerny menunjukkan bahwa PS4 Pro membutuhkan waktu 15 tahun untuk memuat (load) Marvel's Spider-Man, sebuah game eksklusif PS4 yang dirilis pada 2018. Akan tetapi versi awal "kecepatan rendah" dari PlayStation generasi berikutnya hanya membutuhkan 0,8 detik.

Konsol baru ini juga akan mendukung grafis 8K dan audio 3D, yang memungkinkan game yang lebih mendalam dengan speaker dan headphone. PS4 mendukung resolusi grafis 1080p, sementara PS4 Pro mendukung resolusi hingga 4K.

Baca juga: Layar Samsung Galaxy Fold Rusak saat Uji Coba, Ini Penyebabnya

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini