Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

NASA Temukan Planet Seukuran Bumi, Bisa Dihuni?

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 19 April 2019 06:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 18 56 2045240 nasa-temukan-planet-seukuran-bumi-bisa-dihuni-ZM8dsDBb7K.jpg Ilustrasi (Foto: Fox News)

JAKARTA- Pada April 2018, NASA telah meluncurkan Staleit Transit Exoplanet Survei NASA (TESS). Pesawat ruang angkasa ini akan mengambil alih tugass dari pendahulunya teleskop ruang angkasa kepler untuk perburuan planet.

Baru-baru ini, bahkan TESS telah menemukan planet seukuran Bumi setelah menemukan exoplanet pada tujuh bulan lalu.

"Sangat menyenangkan bahwa TESS, yang diluncurkan sekitar setahun yang lalu sudah menjadi pengubah permainan dalam bisnis perburuan planet," kata Johanna Teske dari Department of Terrestrial Magnetism (DTM) di Carnegie Institution for Science, seperti dilansir dari laman Fox News, Jumat (19/4/2019)

Teske juga melanjutkan jika pesawat ruang angkasa menyurvei langit dan pihaknya berkolaborasi dengan komunitas untuk menindak lanjut TESS untuk menandai target yang berpotensi menarik untuk pengamatan tambahan menggunakan teleskop dan instrumen berbasis darat.

Sayangnya, planet seukuran Bumi yang ditemukan tidak bisa menjadi calon tuan rumah kehidupan. Planet yang dijuluki HD 21749c ini mengorbit bintangnya kira-kira sekali setiap delapan hari.

 Planet Bumi

Baca Juga: Apple Luncurkan Penerus iPhone SE pada Maret 2020?

"Planet HD 21749 ini memiliki sekira 80 persen massa Matahari kita dan ditemukan sekitar 53 tahun cahaya dari Bumi," imbuh para peneliti.

Meskipun HD 21749c tampaknya bukan kandidat untuk menjadi tuan rumah kehidupan, ada harapan bahwa TESS akan menemukan planet yang mungkin memiliki kondisi untuk mendukung kehidupan.

"Untuk bintang yang sangat dekat dan sangat terang, kami berharap menemukan hingga beberapa lusin planet seukuran Bumi," kata penulis utama studi tersebut, Diana Dragomir

Untuk informasi, jumlah exoplanet dari semua observatorium di ruang angkasa dan di Bumi selama beberapa dekade terakhir, berdiri di lebih dari 3.700 dikonfirmasi dengan 4.500 pada daftar pesaing kuat.

Sekitar 50 diyakini berpotensi dihuni. Mereka memiliki ukuran yang tepat dan orbit yang tepat dari bintang mereka untuk mendukung air permukaan dan, setidaknya secara teoritis, untuk mendukung kehidupan.

Planet Bumi

Baca Juga: Sony PlayStation 5 Miliki Performa Lebih Cepat dan Grafis 8K

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini