Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Aplikasi BlackBerry Messenger Bakal Dihentikan pada 31 Mei

Antara, Jurnalis · Jum'at 19 April 2019 11:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 19 207 2045513 aplikasi-blackberry-messenger-bakal-dihentikan-pada-31-mei-nTw8pzjq5a.jpg (Foto: Theverge)

JAKARTA - Aplikasi layanan pesan BlackBerry Messenger (BBM) akan dihentikan pada 31 Mei 2019. Seperti diketahui, aplikasi tersebut sempat populer di era 2000-an.

"Emtek telah mengumumkan keputusan mereka untuk mengakhiri layanan BBM untuk konsumen pada 31 Mei 2019," demikian laporan Crackberry dalam keterangan resmi yang dipantau Antara.

Layanan BBM sempat kembali hidup di Indonesia di bawah perusahaan Emtek Group pada 2016 dan terus menghadapi perlawanan dari berbagai layanan serupa seperti WhatsApp, Telegram, WeChat, serta Line.

Sebuah poster yang disertai dengan stiker ikon BBM muncul secara viral di sejumlah media jejaring sosial. Poster itu berisi pesan, "Time to say goodbye. BBM akan berhenti beroperasi pada 31 Mei 2019. Terimakasih sudah menjadi bagian dari perjalanan BBM di Indonesia."

​​​​

Dalam laporan crackberry, salah satu alasan penutupan layanan BBM adalah kesulitan mendapatkan pelanggan baru.

"Kami bangga dengan apa yang telah kami bangun hingga saat ini. Namun, industri teknologi sangat cair dan terlepas dari upaya besar kami, pengguna telah pindah ke platform lain. Sementara, pengguna baru terbukti sulit untuk masuk," tulis Crackberry.

BBM telah melengkapi fitur-fitur sebagaimana aplikasi pesan instan lainnya, seperti mengirim pesan dengan stiker, panggilan video, dan juga dapat membayar berbagai tagihan melalui aplikasi tersebut.

Namun, BBM tetap tidak dapat bersaing dan semakin terpuruk oleh WhatsApp, Facebook Messenger, Line, WeChat, dan Telegram.

"Kami ingin berterima kasih atas dukungan Anda dan ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang, terutama pengguna, mitra, dan karyawan kami, karena sudah menjadi bagian dari perjalanan layanan konsumen BBM," sebut Crackberry.

 

Baca juga: NASA Temukan Planet Seukuran Bumi, Bisa Dihuni?

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini