Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menjajal Performa Samsung Galaxy S10e dengan Layar Infinity O

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 22 April 2019 17:10 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 22 92 2046548 menjajal-performa-samsung-galaxy-s10e-dengan-layar-infinity-o-E65iBy15Iy.jpeg Samsung Galaxy S10e (Foto: Pernita Hestin Untari/Okezone)

JAKARTA- Pada 6 Maret 2019 Samsung telah membawa ponsel flagship-nya Galaxy S10 di pasar Tanah Air. Adapun Galaxy S10 memiliki tiga varian yakni Galaxy S10e, Galaxy S10, dan Galaxy S10 Plus.

Sebelumnya, Okezone telah menjajal ponsel Galaxy S10 Plus pada akhir Maret lalu. Kali ini giliran Galaxy S10e yang merupakan varian paling kecil dari Galaxy S10 dan S10 Plus. Ponsel mengusung ukuran 5,8 inci yang cukup kecil.

Adapun varian yang Okezone coba yakni Galaxy S10e berwarna Prism Black dengan RAM 6GB dan penyimpanan internal 128 GB (ketersediaan di Indonesia RAM 8GB). Saat pertama kali mencoba ponsel terasa ringan, tidak licin dan pas dalam genggaman tangan.

Sayangnya tampilan layarnya kurang melengkung seperti Galaxy S10 Plus, jadi sisi elegannya berkurang. Kemudian, ketika menggunakan ponsel dan mencoba mengetik layar pun memiliki sensitivitas yang baik dengan dukungan Dynamic Amoled dan Corning Gorilla Glass 6.

Samsung Galaxy S10e

Baca Juga: Kapsul SpaceX Alami Kegagalan Tunda Penerbangan Astronot?

Tampilan dan Desain

Tampilan ponsel Galaxy S10 memang berbeda dari seri Galaxy S sebelumnya. Pasalnya Galaxy S10 mengusung kamera di layar yang disebut dengan punch hole atau Infinity O. Dari sisi depan ponsel memiliki tampilan less bezel dengan bagian dagu sedikit tebal.

Berbeda dengan Samsung Galaxy S10 Plus, Galaxy S10e hanya dilengkapi dengan satu kamera selfie. Di bagian belakang ponsel terdapat dua kamera belakang yang dilengkapi flash. Posisi kamera pun cukup unik dengan dikemas secara horizontal. Logo Samsung berada pada bagian bawah kamera.

Lebih lanjut, pada sisi kanan ponsel terdapat tombol power di sisi kanan. Kemudian, di sisi kiri terdapat tombol volume dan tombol untuk Bixby atau Asisten AI milik Samsung. Kartu slot untuk sim card dan memori card terdapat dari sisi atas ponsel. Di bagian bawahnya disisipi audio jack, USB type C, dan speaker.

Performa

Ponsel ini memiliki dukungan RAM 6GB dan memori 128 GB. Dapur pacunya dilengkapi dengan Exynos 9820 yang merupakan tertinggi di kelasnya. Dengan kapasitas tersebut, ponsel ini diklaim mampu berjalan dengan lancar tanpa adanya lag.

Lebih lanjut, untuk mengetahui skor kinerja ponsel, Okezone pun menguji performa dengan aplikasi benchmark AnTuTu v7.1.7. Setelah menjalankan uji coba, ponsel mendapatkan skor tinggi yakni 332221. Angka tersebut membuat perangkat mendapatkan peringkat 4 sebagai ponsel tercepat versi AnTuTu.

 Benchmark Galaxy S10e

Baca Juga: Tanggal Rilis OnePlus 7 dan 7 Pro Diumumkan 23 April, Intip Bocoran Spesifikasi Kamera

Adapun dalam urutan pertama diraih oleh Xiaomi Mi9 dan Samsung S10 pada urutan kedua, serta Vivo IQOO Monster pada urutan ketiga. Tak hanya itu, Okezone juga mencoba kinerja ponsel dengan bermain PUBG dan No Limits.

 S10e

Hasilnya, permainan berjalan dengan mulus dan tanpa lag. Grafis game juga terlihat lebih bagus dari kebanyakan ponsel. Kualitas tersebut tampaknya didukung peningkatan kinerja berbasis AI. Selain itu GPU juga kabarnya dioptimalkan untuk memastikan gameplay yang lancar. Menariknya lagi, saat bermain game layar permainan tidak tertutupi oleh kamera punch hole.

S10e

Kamera

S10e

Selain tampilan ponsel, fitur kamera menjadi salah satu yang diunggulkan dalam seri Galaxy S10. Hal ini lantaran ada beberapa peningkatan kamera yang disebut Pro Grade Kamera, di antaranya lensa ultra wide untuk tampilan gambar lebar, super steady agar pengambilan video stabil, peningkatan kualitas gambar menjadi HDR 10+, dan AI kamera yang mampu mengenali objek gambar.

Dari pengalaman Okezone mencoba kamera Samsung Galaxy S10e memang mumpuni. Pasalnya ponsel dilengkapi dengan banyak fitur canggih seperti mode Pro, fokus live, dan mode Instagram.

Fokus live menjadi salah satu fitur yang menarik pasalnya mampu menghasilkan gambar dengan efek dramatis seperti efek zooming pada kamera profesional.

Galaxy S10e

Baca Juga: Mencoba Ketangguhan Samsung Galaxy S10 Plus, Benarkah Boros Baterai?

Keamanan

Ponsel ini dilengkapi dengan banyak mode keamanan seperti face recognition dan sidik jari. Sidik jari ponsel ini berada di samping pada tombol power. Samsung pernah membawa fitur ini ke dalam ponsel seri J6 dan J6 Plus. Lebih lanjut, kunci layar dengan wajah juga cukup mumpuni. Pasalnya ponsel cepat mengenali wajah. Namun jika menggunakan fitur ini harus dalam keadaan terang, karena ponsel tidak bisa mendeteksi wajah dalam kondisi gelap.

 Samsung Galaxy S10e

Spesifikasi:

Layar: 5,8 inci Dynamic Amoled

Prosesor: Exynos 9820

RAM: 6GB

ROM: 128 GB

Kamera Belakang: kamera utama 12MP dan ultra wide 16MP

Kamera depan: 10MP

Baterai: 3.100 mAh

Konektivitas: 4G

Harga: Rp10,5 jutaan

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini