Ini Cara Aktifkan 4 Fitur Baru Google Duo

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 25 April 2019 06:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 24 207 2047511 ini-cara-aktifkan-4-fitur-baru-google-duo-qu45KVsyZw.jpg (Foto: Google Play)

JAKARTA - Jelang Ramadan, Google meluncurkan empat fitur baru untuk aplikasi video call Google Duo pada 24 April 2019. Fitur-fitur tersebut diklaim mampu menunjang penggunaan video call di bulan Ramadan yang diprediksi semakin meningkat.

Empat fitur tersebut diklaim mampu meningkatkan penggunaan hingga video call grup dan juga hemat data Internet. Okezone akan memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai cara mengaktifkan keempat fitur tersebut.

Group Call

Cara mengaktifkan fitur ini sangat mudah yakni dengan menggeser ke atas dan sentuh tombol "Buat Grup". Kemudian, pilihlah 3 orang teman untuk bergabung pada video call group. Setelah terbentuk, ganti nama grup melalui tombol pengaturan.

Ketik nama grup dan video call dapat langsung dimulai. Saat ini video call dapat mencapai 4 partisipan, namun kabarnya akan ditingkatkan menjadi 8 beberapa bulan ke depan.

Data Saving Mode

Fitur ini mampu menghemat kuota data internet pengguna, namun tidak mengganggu kualitas video. Cara mengaktifkannya, pertama klik tombol setelan yang berupa ikon vertikal tiga titik di kanan atas. Kemudian klik, pilihan mode hemat kuota.

Aktifkan dengan menyentuh tombol mode hemat kuota pada bagian bawah sebelah kanan. Tombol tersebut dapat mengubah pilihan dari “pratinjau nonaktif” menjadi “pratinjau aktif”.

Duo for Web

Fitur ini mirip dengan WhatsApp Web, sehingga aplikasi dapat digunakan melalui website. Caranya, pertama-tama buka Google Chrome di laptop atau komputer.

Kemudian, ketik duo.google.com, pengguna akan masuk ke laman Google Duo Web. Setelah proses verifikasi, pilih kontak atau ketik nomor telepon tujuan yang sudah memiliki Google Duo dan ingin dihubungi. Tap pilihan Video Call, Duo Web sudah siap digunakan.

Video Message

Fitur ini mampu memberikan animasi dan juga teks pada video pengguna. Caranya tekan layar laptop dan nantinya akan muncul, pilihan untuk merekam video message.

Setelah selesai merekam video, Anda dapat melengkapinya dengan men-tap ikon Font dan Drawing di bagian kanan atas.

Apabila video sudah lengkap dan sesuai yang Anda harapkan, tap tombol Lanjutkan. Pilih kontak tujuan yang ingin Anda kirimkan video tersebut, klik Kirim.

 

Baca juga: Indonesia Jadi Negara Ketiga Pengguna Google Duo Terbanyak

1 / 2
GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini