NASA InSight Deteksi Gempa Pertama Kali di Mars

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Rabu 24 April 2019 11:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 24 56 2047346 nasa-insight-deteksi-gempa-pertama-kali-di-mars-6o9JnYrK0h.jpg (Foto: Reuters India)

JAKARTA - Gempa merupakan fenomena yang umumnya biasa terjadi di Bumi, dan kini juga dilaporkan terjadi di Mars. Robot NASA InSight baru-baru ini mendeteksi dan mengukur apa yang disebut dengan 'marsquake', menandai pertama kalinya gempa terjadi di planet selain Bumi.

Dilansir Smh, Rabu (24/4/2019), temuan ini dilaporkan pada Selasa, datang hampir lima bulan setelah InSight mendarat di Mars. NASA InSight didesain untuk dapat mempelajari interior dalam planet merah. Robot tersebut memiliki misi seismologis selama dua tahun.

Gemuruh samar ditandai oleh para ilmuwan Jet Propulsion Laboratory sebagai kemungkinan marsquake kira-kira sama dengan gempa berkekuatan 2,5.

Ini direkam pada 6 April, hari Mars ke-128, dengan seismometer buatan Prancis, sebuah instrumen yang cukup sensitif untuk mengukur gelombang seismik.

 

"Kami telah mengumpulkan kebisingan latar belakang hingga saat ini, tetapi acara pertama ini secara resmi memulai bidang baru: seismologi Mars," kata penyelidik utama InSight Bruce Banerdt.

Para ilmuwan masih memeriksa data untuk menentukan penyebab pasti dari sinyal, tetapi gemetaran itu tampaknya berasal dari dalam planet ini.

"Tingkat frekuensi tinggi dan pita lebar sangat mirip dengan apa yang kita dapatkan dari proses perpecahan. Jadi kami sangat yakin bahwa ini adalah marsquake," ujar Philippe Lognonne, seorang geofisika dan profesor sains planet di Universitas Paris Diderot di Prancis dan peneliti utama untuk seismometer InSight.

Baca juga: Astronom Temukan Aliran Bintang di Galaksi Bima Sakti

(ahl)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini