Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rover Mars Siap Jalani Pengujian untuk Peluncuran Tahun Depan

Rabu 24 April 2019 16:51 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 24 56 2047531 rover-mars-siap-jalani-pengujian-untuk-peluncuran-tahun-depan-KVJnOxAUIv.jpg (Foto: NASA)

JAKARTA - Dalam siaran pers pada 18 April, NASA mengonfirmasi bahwa mereka mempersiapkan peluncuran rover ke Planet Merah (Mars), yang dijadwalkan antara 17 Juli dan 5 Agustus 2020 di Cape Canaveral, Florida.

Dikutip dari Tech Times, Rabu (24/4/2019), para insinyur dan ilmuwan bekerja di fasilitas perakitan pesawat ruang angkasa, atau yang dikenal ruang bersih di Jet Propulsion Laboratory di California beberapa bulan terakhir. Di sana, mereka membangun komponen utama yang membentuk sistem peluncuran.

“Salah satu tugas utama kami adalah memastikan semua mesin dan perangkat keras yang diperlukan itu cocok untuk ke permukaan Mars, yang dimuat di dalam roket Atlas V, yang memberikan kita sekira 15 kaki (5 meter) lebar untuk kita kerjakan,” kata David Gruel, manajer untuk perakitan, pengujian, dan operasi peluncuran.

Untuk memastikan semua mur dan baut diamankan dan setiap bagiannya pas, mereka menggunakan sistem susun.

Bagaimana Sistem Susun Bekerja?

Setiap tim telah menyelesaikan proses menyusun pada 3 April. Untuk menyusun tahap pertama, roket dilengkapi oleh sebuah stage turun di atas bajak pengganti. Ini berfungsi sebagai pengganti untuk yang asli, yang sudah terintegrasi dan diuji dengan sisa bagian yang ditumpuk.

Setelah semua bagian tersusun dan hasil tesnya baik-baik saja, tongkat gantry menurunkan cangkang belakang, ini akan melindungi rover setelah mulai masuk ke atmosfer Mars.

Tim kemudian melakukan putaran pengujian dan pengecekan untuk memastikan semua pas sebelum mereka memasang kerucut hidung parasut. Ini akan menjaga parasut, yang akan bantu memperlambat penurunan rover ke permukaan aman secara pelan-pelan.

 

Tes Belum Berakhir

Menyusun bagian-bagian hanyalah bagian dari keseluruhan proses. Tumpukan sudah menjalani berbagai simulasi dan tes. Termasuk dalam pengujian akustik, mensimulasikan gelombang suara selama peluncuran. Tim kemudian harus memeriksa baut dan komponen yang terlepas atau longgar.

Setelah mengamankan semuanya, sistem kemudian melanjutkan ke uji vakum termal, yang akan membantu menilai bagaimana itu bertahan selama perjalanan ke Mars dalam kondisi layaknya penerbangan.

 

Tidak ada istirahat bagi orang jahat, bagaimanapun. “Sampai baut penahan serangan roket Atlas dan rover kami menuju Mars pada Juli 2020, hampir selalu ada saja yang dirakit, diuji, atau dimodifikasi," kata Gruel.

Penjelajah Mars 2020 mungkin terasa seperti rasa penasaran yang tak biasa. Ia akan memiliki enam kamera lagi untuk menampilkan permukaan planet yang jauh lebih tajam. (Timothy Yosse)

Baca juga: Qualcomm dan Samsung Pasok Modem 5G untuk Apple pada 2020?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini