Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sempat Dilarang, TikTok Hadir Lagi di India

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 25 April 2019 15:54 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 25 207 2047967 sempat-dilarang-tiktok-hadir-lagi-di-india-dN4wLrVSDi.jpg Tik Tok

JAKARTA - Pada minggu lalu, Tik Tok sempat ditarik dari App Store di India. Hal ini lantaran pemerintah India melihat aplikasi tersebut tidak ramah anak. Menariknya baru-baru ini rencana tersebut urung dilakukan.

Dilansir dari laman Mac Rumors, Kamis (25/4/2019), kabarnya negara bagian selatan Tamil Nadu telah meminta pemerintah India untuk melarang aplikasi TikTok dengan alasan bahwa itu mendorong pornografi dan dapat mengekspos anak-anak pada predator seksual, yang membuat pemerintah mengirim surat ke Apple dan Google meminta perusahaan untuk menghapus aplikasi dari toko aplikasi masing-masing.

Hari ini, setelah mendengar permohonan dari pembuat aplikasi, Bytedance, pengadilan negara bagian membalikkan keputusan pelarangan aplikasi.  Reuters melaporkan, seorang pejabat pemerintah India mengatakan bahwa begitu perintah pengadilan diterima, mereka akan meminta Apple dan Google untuk mengembalikan aplikasi.

 

Diciptakan oleh Bytedance Technology yang berbasis di China, TikTok dirancang untuk memungkinkan pengguna membuat dan berbagi video bentuk pendek yang ditingkatkan dengan efek digital, yang telah sangat berhasil di India.  Sebelum ditarik dari App Store, TikTok telah diunduh lebih dari 240 juta kali di negara berpenduduk sekitar 1,3 miliar.

Bytedance mengatakan kepada para pejabat India bahwa mereka kehilangan hingga USD500 ribu sehari selama pelarangan, dan bahwa lebih dari 250 pekerja beresiko kehilangan pekerjaan.

Baca juga: Fokus Zenfone & ROG, Asus Hentikan Produksi ZenPad?

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini