Indosat Ooredoo Antisipasi Kenaikan Trafik saat Ramadan dan Idul Fitri

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 25 April 2019 17:44 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 25 54 2048022 indosat-ooredoo-antisipasi-kenaikan-trafik-saat-ramadan-dan-idul-fitri-kh8kVJ969v.jpg (Foto: Pernita Hestin Untari/Okezone)

BANJARMASIN - Indosat Ooredoo memprediksi adanya kenaikan trafik menjelang Ramadan dan Idul Fitri 2019. Adapun cakupan prediksi kenaikan di antaranya dari data Internet, panggilan suara, dan SMS. Untuk data sendiri diprediksi mencapai 9,3 TB per hari, panggilan hingga 2,7 juta erlang per hari, dan 125 juta SMS per hari.

Data internet sekarang ini memang menjadi konsumsi terbesar karena adanya media sosial, YouTube dan banyak lagi.

Indosat Ooredoo sebagai penyedia jaringan mengklaim jika pihaknya siap untuk kenaikan tersebut. Pasalnya pihaknya telah menaikkan kapasitas untuk data hingga 18,4 TB per hari, panggilan mencapai 37 juta erlang per hari, dan 975 juta per hari.

Division Head NSAS Optimization, Yusuf Setiawan mengatakan jika trafik jaringan memang naik setiap lebaran.

 

Trafik itu diprediksi dari kondisi sekarang dan lebaran nanti, serta lebaran tahun lalu. Dari data setiap tahun memang selalu tumbuh trafiknya saat lebaran. Bahkan bisa mencapai dua kali lipat dari lebaran tahun lalu.

"Kapasitas untuk data Internet mencapai 18,4 TB per hari masih aman 50 persen tapi ini levelnya nasional," kata Yusuf dalam acara uji jaringan Indosat Ooredoo di Banjarmasin, Kamis (25/4/2019).

Dia juga mengungkapkan jika prediksi trafik pada lebaran tahun ini naiknya sekira 15 hingga 20 persen dari trafik saat ini.

"Jadi memang tumbuh naik kemudian turun sedikit kemudian naik lagi pada akhir tahun. Memang dalam satu tahun lebaran itu memang mendongkrak trafik, sama tahun baru ada dua. Tapi memang lebaran paling tinggi," imbuh Yusuf.

Lebih lanjut untuk menunjang performa jaringan Indosat Ooredoo juga menyiapkan iNOC (Indosat, Ooredoo Network Operating Center) dan Commond Center untuk monitoring jaringan.

Dari sisi general, Indosat Ooredoo juga mengungkapkan jika pihaknya tengah melakukan tiga upaya untuk meningkatkan jaringan miliknya yakni perluasan cakupan 4G, penambahan kapasitas, dan peningkatan kualitas.

 

Baca juga: Jelang Ramadan, Indosat Ooredoo Uji Jaringan di Lima Kota Tujuan Mudik

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini