Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Indosat Ooredoo Ungkap Hasil Uji Jaringan 4G di Banjarmasin

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 26 April 2019 11:38 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 26 54 2048291 indosat-ooredoo-ungkap-hasil-uji-jaringan-4g-di-banjarmasin-EZLLERIiCm.jpg (Foto: Pernita Hestin Untari/Okezone)

BANJARMASIN - Indosat Ooredoo telah menguji jaringan di lima kota di antaranya Solo, Malang, Padang, Makassar, dan Banjarmasin. Pengujian ini dilakukan untuk memastikan jaringan jelang Ramadan dan Idul Fitri yang diprediksi trafiknya akan naik sekira 15 hingga 20 persen.

Okezone pun mengikuti rangkaian uji coba di Banjarmasin selama dua hari pada 25 April hingga 26 April 2019.

Pada hari pertama uji coba jaringan dilakukan di beberapa titik ramai yang dilalui pemudik di Banjarmasin. Uji coba dimulai pertama pada pukul 11.30 WITA di Bandara Syamsyudin Noor di Kota Banjar Baru.

Kemudian,  beberapa titik lainnya yakni Soto Banjar Bang Amat, Masjid Sabilal Muhtadin, Patung Bekantan dan Duta Mall hingga 12.30 WITA. Perjalanan yang ditempuh saat uji jaringan sekira 50 km.

 

"Adapun kecepatan paling tinggi berapa di Titik ramai Patung Bekantan yang mencapai 104 Mbps," kata Division Head NSAS Optimization, Yusuf Setiawan saat pemaparan hasil uji coba jaringan di TreePark Hotel, Banjarmasin, Kamis (25/4/2019).

Lebih lanjut, Yusuf mengungkap jika dari hasil uji jaringan cakupan 4G, kualitas streaming, dan video call dinilai baik. Untuk diketahui, dalam uji jaringan juga tim Indosat Ooredoo mencoba untuk memutar YouTube streaming selama perjalanan dan melakukan video conference bersama lima kota.

Kemudian untuk rata-rata kecepatan di jalur test drive mencapai 15,9 Mbps. Sementara itu untuk kecepatan maksimal jalur DT hingga 53,0 Mbps.

Sales Manager Area Banjarmasin, Eko Yanurianto menuturkan jika 4G hampir seratus persen menyelimuti wilayah Kalimantan Selatan.

"Di Kalimantan Selatan itu ada 187 site, ada Tanjung Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara. Hampir seluruh wilayah sudah diselimuti 4G semuanya, hampir seratus persen. Beberapa daerah juga masih menggunakan 2G karena  pengguna feature Phone masih ada," kata dia.

 

Indosat Ooredoo memprediksi adanya kenaikan trafik menjelang Ramadan dan Idul Fitri 2019. Untuk menunjang performa jaringan jelang Ramadan Indosat Ooredoo menyiapkan iNOC (Indosat Ooredoo Network Operating Center) dan Commond Center untuk monitoring jaringan.

Indosat Ooredoo juga mengungkapkan jika pihaknya tengah melakukan tiga upaya untuk meningkatkan jaringan miliknya yakni perluasan cakupan 4G, penambahan kapasitas, dan peningkatan kualitas secara general.

Baca juga: Jelang Ramadan, Indosat Ooredoo Uji Jaringan di Lima Kota Tujuan Mudik

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini