BPPT Rilis Informasi Cuaca Berbasis Aplikasi Percakapan 'BBTMC Info'

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 29 April 2019 16:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 29 207 2049379 bppt-rilis-informasi-cuaca-berbasis-aplikasi-percakapan-bbtmc-info-gk3gmBKMzc.jpg Ilustrasi Cuaca (Foto: Reminet Work)

JAKARTA- Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melalui Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (BBTMC) telah meluncurkan informasi cuaca berbasis aplikasi percakapan (chat) yang disebut BBTMC Info.

“Biasanya informasi cuaca harus akses ke website tertentu atau harus unduh aplikasi khusus. Namun, kami memanfaatkan aplikasi chat yang banyak digunakan para pengguna smartphone untuk update informasi cuaca bagi masyarakat,” ujar Kepala BBTMC Tri Handoko Seto, dalam keterangan resmi yang diterima Okezone, Senin (29/4/2019).

Tri juga menambahkan jika ini merupakan terobosan bagi BBTMC untuk membuat bot chat

“Dengan asumsi aplikasi Telegram sudah banyak digunakan mayoritas pemegang smartphone. Kami membantu mempermudah penyampaian informasi cuaca yg near-real-time tanpa harus install aplikasi tambahan atau buka browser untuk akses halaman web tertentu,”imbuh dia.

Sementara itu Perekayasa Muda sekaligus Group Leader Prediksi Cuaca dan Evaluasi Proses TMC BBTMC, Halda Aditya Belgaman mengatakan ide pembuatan BBTMC Info dari pemanfaatan bot aplikasi Telegram untuk komunikasi.

”Memang sudah banyak yang memanfaatkan bot Telegram untuk mengirimkan secara otomatis gambar atau teks untuk penyebarluasan informasi,” ujarnya.

BPPT

Baca Juga: Ponsel Lipat Pertama FlexPai Resmi Dijual, Berapa Harganya?

Bot Telegram, lanjut Halda, merupakan aplikasi chat yang kode API (Application Programming Interface) tersedia untuk dikembangkan lebih lanjut oleh user-nya. “Jadi siapapun bebas dan boleh mengembangkan untuk tujuan apapun. Pengembangan BBTMC cukup singkat karena teknologinya sudah ada, jadi kami hanya menyesuaikan dengan data yang dimiliki,” ujarnya.

Akun bot BB-TMC berisikan berbagai informasi cuaca seperti monitoring hujan berdasarkan observasi radar Furuno, prediksi cuaca WRF (Weather Research and Forecasting), serta beberapa informasi pengamatan atmosfer lainnya. “Informasi yang dibutuhkan secara otomatis dikirim ke smartphone,” ujar Halda.

Informasi cuaca diperoleh pengguna hanya dengan menambahkan akun BBTMC Info dalam aplikasi Telegram. Halda mengatakan akun BBTMC Info dibuat berdasarkan data riset para peneliti BB-TMC mengenai ragam informasi cuaca. “Pengguna bisa memperoleh informasi seputar pantauan cuaca harian hingga prediksi cuaca.

Telegram

Baca Juga: Ponsel Lipat Pertama FlexPai Resmi Dijual, Berapa Harganya?

Caranya mudah, buka aplikasi Telegram, lalu tambahkan akun BBTMC Info. Untuk menu lengkap ketik /help, dan berikut ragam informasi yang tersedia :

Angin Harian: Mendapatkan Data angin 3D Harian di Puspitek Serpong

Angin Now : Mendapatkan Data angin 3D Hari Ini di Puspitek Serpong

Radar: Mendapatkan Data Hujan Saat ini di wilayah Jabodetabek

Disdro Harian: Mendapatkan data ukuran Hujan Harian

Disdro Now: Mendapatkan data ukuran Hujan 6 jam terakhir dalam UTC

(Universal Time Coordinated)

"Radio Harian”: Mendapatkan data profil vertical kondisi udara Harian

"Radio Now" : Mendapatkan data profil vertical kondisi udara saat Ini

dalam UTC

"Metgram": Mendapatkan data prakiraan cuaca di berbagai kota. Contoh

ketik Metgram Aceh, dan lain sebagainya.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini