Jejaki Kaki Berusia 15.600 Tahun Ditemukan di Chili

Agregasi VOA, Jurnalis · Selasa 30 April 2019 08:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 29 56 2049438 jejaki-kaki-berusia-15-600-tahun-ditemukan-di-chili-fzTS0pQIAO.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - Peneliti mempelajari temuan atau bukti-bukti masa lampau untuk mendapatkan wawasan baru. Terkini, peneliti mengungkap jejak kaki yang diyakini berusia 15.600 tahun yang ditemukan di wilayah selatan Chili.

Jejak kaki ini diyakini sebagai jejak kaki manusia tertua yang pernah ditemukan di Benua Amerika, menurut para peneliti seperti dilaporkan oleh Reuters, Sabtu (27/4).

Jejak kaki tersebut pertama kali ditemukan pada 2010 oleh seorang mahasiswa Universitas Austral di Chili. Para peneliti kemudian melakukan penelitian selama beberapa tahun untuk menyingkirkan kemungkinan jejak itu kemungkinan berasal dari spesies hewan tertentu dan untuk menentukan usia fosil tersebut.

Karen Moreno, seorang paleontologi dari Universitas Austral yang mengawasi penelitan tersebut mengatakan para peneliti juga menemukan tulang belulang hewan dekat lokasi tersebut, termasuk gajah-gajah primitif. Namun para peneliti memastikan bahwa jejak kaki itu adalah bukti kehadiran manusia.

 

Ini adalah bukti pertama manusia yang berusia lebih dari 12.000 tahun di Benua Amerika, kata Moreno.

“Sedikit demi sedikit in Amerika Selatan, kami mulai menemukan situs-situs dengan bukti kehadiran manusia. Tapi ini adalah yang tertua di Benua Amerika,” kata Moreno.

Baca juga: Samsung Bikin Galaxy Note 10 Pro dengan Baterai 4.500 mAh

(ahl)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini