Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Air Hujan Pengaruhi Terbentuknya Fenomena Sinkhole

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Senin 29 April 2019 17:41 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 29 56 2049466 air-hujan-pengaruhi-terbentuknya-fenomena-sinkhole-VrVObb5vhi.jpg (Foto: The Weather Network)

JAKARTA - Warga Desa Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat sempat dihebohkan dengan kemunculan lubang raksasa misterius yang menganga. Lubang tersebut terletak di tengah sawah milik warga.

Lubang tersebut merupakan fenomena yang dinamakan sinkhole. Dilansir dari Science.howstuffworks, Senin (29/4/2019), sinkhole merupakan fitur geologis, formasi yang lebih dari sekedar lubang di tanah.

Meskipun banyak yang kurang dari kedalaman 100 kaki (30 meter), sinkhole bisa terlihat seperti kolam, menutupi ratusan mil atau diam-diam berada di halaman belakang Anda.

Sinkhole biasanya terbentuk oleh erosi yang disebabkan oleh seringnya terpapar air. Kebanyakan sinkhole terjadi di daerah di mana batuan dasar terbentuk dari mineral lunak dan batuan seperti garam, gipsum, kapur, dolomit atau lainnya yang termasuk dalam kelas batuan yang menguap atau karbonat.

 

Sinkhole biasanya berkembang perlahan-lahan karena batuan dasar disingkirkan oleh air yang berubah menjadi asam karena menyerap karbon dioksida dan berinteraksi dengan tanaman. Air hujan jelas memainkan peran, tetapi air yang tak terlihat juga penting.

Saat air asam melarutkan batu, ia mengukir saluran, atau saluran bawah tanah, untuk air. Saluran ini pada gilirannya membantu mengembangkan cekungan bawah tanah yang dikenal sebagai area resapan.

Area resapan berkontribusi pada pembentukan lubang karena air mengalir dan dari mereka ke bawah permukaan, mengikis batuan dasar. Ketika air membanjiri sinkhole yang sedang berkembang, sebagian tanah lapisan atas dan material lainnya berada di saluran, semakin memerangkap air dan membatasi kemampuannya untuk mengalir ke luar.

 

Baca juga: BPPT Rilis Informasi Cuaca Berbasis Aplikasi Percakapan 'BBTMC Info'

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini